nusabali

UVJF Gandeng Castlemaine Jazz Festival dan FARABI Music School

  • www.nusabali.com-uvjf-gandeng-castlemaine-jazz-festival-dan-farabi-music-school

Ubud Village Jazz Festival menggandeng Castlemaine Jazz Festival dan FARABI Music School Denpasar sebagai Festival Partner.

DENPASAR, NusaBali
Ubud Village Jazz Festival, sebuah jazz festival internasional yang diprakarsai oleh  para seniman dan insan kreatif Bali, tahun ini akan dilaksanakan untuk kali ke enam pada tanggal 10-11 Agustus 2018 di Arma Museum, Ubud. Tahun demi tahun sejak festival pertama di tahun 2013, UVJF semakin dikenal di kancah jazz nasional maupun internasional sebagai festival jazz yang berkarakter, unik dan juga kokoh mempertahankan idealisme berkesenian sehingga UVJF juga “disegani” oleh khalayak jazz.

Ada beberapa perkembangan terbaru dari UVJF tahun ini yaitu diadakannya kompetisi jazz bertajuk International Jazz Day Youth Band Competition yang diselenggarakan dalam rangka merayakan hari jazz Internasional dimana  pemenang dalam kompetisi ini berhak mendapat slot waktu untuk tampil pada salah satu panggung UVJF Agustus nanti. Acara ini sebagai bentuk tanggung jawab moral UVJF untuk mendukung dan mempromosikan bakat-bakat muda music jazz Indonesia, Bali pada khususnya. 

Disamping itu tahun ini UVJF juga telah melebarkan networknya dengan menggandeng Castlemaine Jazz Festival (CJF) di kota Castlemaine, dekat Melbourne Australia, sebagai partner festival. Serupa dengan UVJF,  CJF juga festival berbasis komunitas yang lahir dari inisiatif para seniman, baik musisi maupun insan kreatif lainnya dan swa-dana. 

Awal mula terjalinnya partnership ini berawal pada tahun lalu (2017) dimana saat itu salah satu panitia penyelenggara CJF, John Hannah,  datang menonton UVJF di Ubud dan terkesan atas kualitas dan detail penyelenggaraan UVJF. Dari sekedar percakapan antar sesama penyelenggara Jazz festival, maka tercetuslah ide dari John Hannah untuk mewujudkan semacam partnership dimana diharapkan ke depan CJF dan UVJF dapat bersinergi dalam berkarya, saling mempromosikan, bertukar pengalaman dan merintis terjadinya pertukaran musisi jazz antara Bali-Castlemaine. Ide  ini dengan amat cepat ditindak lanjuti oleh kedua pihak dan dituangkan mejadi sebuah MOU (nota kesepakatan).

Sebagai tindak lanjut dari MOU ini, CJF mengundang Yuri Mahatma Quartet untuk datang dan berpartisipasi dalam CJF tahun ini yang akan diselenggarakan pada tanggal 8-11 Juni 2018. Gayung bersambut, Yuri Mahatma, yang juga sebagai inisiator UVJF, menyanggupi untuk berangkat dan tampil dalam CJF yang tahun ini memasuki tahun ke 5. “ Dalam kesempatan ini,  CJF akan menyediakan akomodasi dan transportasi, sedangkan untuk tiket pesawat  group kami didukung oleh Bpk. Bagus Wijaya Santosa dari sekolah music Farabi Denpasar” ujar Yuri Mahatma.

Photo (kiri-kanan) : Astrid Sulaiman dan Yuri Mahatma, photo credit Freandy Rumagit & Kherisna Irawan.

Yuri Mahatma Quartet terdiri dari Yuri Mahatma (Guitar/Leader), Astrid Sulaiman (piano), Helmy Agustrian (Contra Bass), IB Putu Brahmanta (Drum).  Misi mereka selain berpartiipasi dalam CJF, juga sebagai pilot project (project perdana) dari  pertukaran musisi jazz. “ kedepan ini akan diteruskan dengan dikirimnya musisi jazz dari Castlemaine untuk tampil di UVJF bulan Agustus nanti, dan begitu pula di tahun2 mendatang”, kata Yuri Mahatma. 

Photo (kiri-kanan) : IB Putu Brahmanta dan Helmy Agustrian, photo credit Matthew Oldfield & Hendranatha.

“Kemitraan ini selayaknya kita pergunakan sebaik-baiknya sebagai ajang saling mempromosikan bukan hanya festivalnya saja, namun juga musisinya. Di tahun-tahun mendatang kita akan kirimkan musisi-musisi jazz muda Bali kesana” tambah Yuri. 

Dikatakan demikian karena “UVJF bermitra dengan Sekolah Music Farabi di Denpasar, dimana tidak menutup kemugkinan siswa-siswinya yang memang berprestasi dapat kita kirim” Ujar Yuri. “Disamping UVJF juga sudah memiliki event kompetisi jazz untuk anak muda, yang mana dari sini akan dengan sendirinya terseleksi group-group band yang memang pantas dan memenuhi kapasitas dan kualitas untuk dikirim sebagai duta jazz Bali ke kancah internasional” tambahnya.*

loading...

Komentar