nusabali

Tim Kemenpan-RB Sebut MPP Layak Operasi

  • www.nusabali.com-tim-kemenpan-rb-sebut-mpp-layak-operasi

Rombongan Tim Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) memantau aktivitas Mall Pelayanan Publik (MPP) di Gedung UKM Center Jalan Gajah Mada Amlapura, Selasa (22/5).

AMLAPURA, NusaBali
Rombongan dipimpin Asisten Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB, Jeffry Erlan Muller. Selama di Gedung UKM Center, tim memantau setiap unit pelayanan sambil berinteraksi dengan petugas Pemkab Karangasem yang bertugas di UKM Center. Menurut Jeffry Erlan Muller, MPP layak operasi.

Setiap unit pelayanan yang dipantau dipandu Kepala Bidang Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Karangasem,  I Gusti Bagus Widiantara. Gusti Widiantara menjelaskan, ujicoba pelayanan MPP itu mulai Kamis (5/4), tiap hari  rata-rata melayani 290 pengunjung, paling banyak melayani pelanggan PDAM. Diakui masih ada kelemahan sehingga belum optimal melakukan pelayanan. Atas dasar itulah, terus melakukan pembenahan. “Kami melayani 159 jenis layanan. Akumulasi pelayanan hingga Senin (21/5) sebanyak 30.679 layanan,” kata Gusti Widiantara.

Jeffry Erlan Muller setelah memantau seluruh pelayanan mengapresiasi inovasi Pemkab Karangasem. Secara umum MPP dinilai telah layak dioperasikan. Apalagi penataan di setiap unit telah bagus dan pelayanan telah berjalan, walau masih ada sedikit kendala. “MPP ini sebetulnya sudah layak dilaunching,” kata Jeffry Erlan Muller. Dikatakan, MPP telah sejalan dengan program pusat yang melakukan pelayanan secara terpadu. Masyarakat datang untuk kepentingan beberapa urusan bisa terlayani di satu tempat, misalnya membayar rekening PDAM, sambil mencari e-KTP, akta kelahiran, akta perkawinan dan sejenisnya.

Direktur PDAM Karangasem, I Gusti Made Singarsi, menjelaskan ke Tim Kemenpan-RB, PDAM memberikan segala jenis pelayanan di Gedung UKM, mulai dari membayar rekening, amprah sambungan, keluhan kebocoran, dan informasi lain. “Walau terkadang pelanggan membeludak bayar rekening air, kami telah sediakan tempat antri yang memadai,” ungkap Gusti Singarsi. Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, I Wayan Sumidia, juga mengatakan pelayanan e-KTP dan sejenisnya sepenuhnya telah bisa di MPP. “Mulai perekaman hingga cetak e-KTP bisa langsung di Gedung UKM. Masyarakat usai menjalani perekaman, bisa menunggu beberapa menit dapat e-KTP,” kata Sumidia. *k16

Komentar