nusabali

Pantai Kedungu Mulai Ditata

  • www.nusabali.com-pantai-kedungu-mulai-ditata

Meningkatkanya jumlah kunjungan wisatawan ke Pantai Kedungu di Desa Belalang, Kecamatan Kediri, Tabanan, membuat Desa Pakraman Kedungu menata pantai ini lebih indah.

TABANAN, NusaBali
Spot selfie ataupun tempat foto telah disediakan. Pantauan di lapangan, kondisi pantai tampak bersih. Di pojok kiri dari pintu masuk yang mulanya tidak tertata kini mulai ditata dengan ditanami rumput. Termasuk di bagian tebing telah berisi tulisan Pantai Kedungu dengan cat warna putih. Dan tempat inilah yang biasanya dijadikan tempat favorit untuk berfoto.

Perbekel Desa Belalang I Wayan Jona, menjelaskan penataan Pantai Kedungu sudah dilakukan awal tahun 2018 oleh Desa Pakraman Kedungu. Di antaranya penataan di sisi kiri tempat parkir dipercantik agar para wisatawan ke Pantai Kedungu bisa berfoto. “Ini adalah semangat dari Desa Pakraman Kedungu,” ujarnya, Selasa (22/5).

Kata dia, meskipun tidak dikelola desa, pihak desa pakraman selalu berkoordinasi dengan Desa Belalang. Selanjutnya akan dilakukan penataan kios, karena saat ini kios warga masih terlihat kumuh. Untuk itu, pihak adat sudah sempat berkoordinasi dengan pemilik lahan. “Akan ada MoU supaya kios dapat diperbaiki. Apa nanti ada 10 kios atau seperti apa ini masih direncanakan,” ungkap Jona.

Namun, menurut Jona, perbaikan kios ini tidak dilakukan pada tahun ini karena pihak desa pakraman tengah mengumpulkan modal. “Mudah-mudahan ke depan makin baik, terutama ramainya wisatawan bisa membantu perekonomian masyarakat dan peningatakan PAD untuk desa pakraman,” jelasnya.

Diakui Jona belakangan ini wisatawan ke Pantai Kedungu sangat ramai. Selain wisman yang datang untuk berselancar, juga diramaikan oleh wisatawan lokal. Bahkan wisatawan tidak hanya bersantai dan sekadar bermain, Pantai Kedunggu juga dijadikan tempat favorit untuk mandi. “Apalagi Sabtu dan Minggu di pantai penuh sesak,” kata Jona. Namun sayangnya, akses jalan menuju Pantai Kedungu belum dihotmix. Di beberapa ruas jalan terlihat lubang, sehingga kendaraan para wisatawan melintas kurang mulus. *d

Komentar