nusabali

Bupati Mas Sumatri Pimpin Ikrar Pemuka Lintas Agama

  • www.nusabali.com-bupati-mas-sumatri-pimpin-ikrar-pemuka-lintas-agama

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, pimpin ikrar bersama yang dihadiri pemuka lintas agama di lapangan Tanah Aron, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Senin (21/5).

AMLAPURA, NusaBali
Ikrar dan doa bersama ini digagas Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Karangasem untuk menyikapi kondisi bangsa Indonesia yang diganggu teroris.

Ikrar dan doa bersama dihadiri Kepala Kementerian Agama Dr Ni Nengah Rustini MSi, Ketua MUI Muh Musyid, Ketua Faroki Romo Rikardus Lodo, Ketua Walubi Lucky Setiawan, Ketua MPAG Pendeta I Wayan Agus Wiratama,  Dandim Letkol Inf Benny Rahadian, Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, Ketua PHDI I Wayan Astika, Ketua FKUB I Made Sudiarsa, dan undangan lainnya. Para pemuka agama mengikrarkan menjaga persatuan dan kesatuan, menjaga toleransi, senantiasa menjaga kedamaian, menjaga kerukunan antar umat beragama, menjaga persaudaraan sesama umat beragama, dan mencegah terjadinya konflik.

Bupati Mas Sumatri mengingatkan, ikrar ini mendoakan agar aksi terorisme dan radikalisme tidak masuk ke Karangasem. Terlebih Karangasem masih status siaga Gunung Agung. “Aktifkan poskamling, aktifkan kegiatan sosial agar saling mengenal di lingkungan masing-masing. Dengan cara itu, maka dengan mudah mendata warga, jika ada yang mencurigakan, laporkan ke pihak berwajib,” pinta Bupati Mas Sumatri.

Polres Karangasem diminta memberdayakan 78 Babinkamtibmas agar berbaur dengan masyarakat. Sebab yang paling tahu situasi di masyarakat adalah warga. Sementara Kepala Kementerian Agama Karangasem, Dr Nengah Rustini, menghimbau agar seluruh lapisan masyarakat aktif dan meningkatkan kewaspadaan. “Jangan lupa berdoa yang merupakan dukungan niskala guna mencegah terjadinya faktor non teknis masuk Karangasem,” pinta Dr Rustini. *k16

Komentar