nusabali

Bupati Bangli Gelorakan Semangat Berorganisasi

  • www.nusabali.com-bupati-bangli-gelorakan-semangat-berorganisasi

Bupati Bangli, I Made Gianyar, menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110 di Lapangan Kapten Mudita Bangli, Senin (21/5).

BANGLI, NusaBali
Upacara diikuti siswa SD, SMP, SMA/SMK serta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bangli, serta Forkompinda Kabupaten Bangli. Bupati Bangli Made Gianyar gelorakan semangat Boedi Oetomo dengan berorganisasi menumbuhkan nasionalisme yang berbuah kemerdekaan.

Bupati Made Gianyar yang membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara, menyampaikan ketika rakyat berinisiatif untuk berjuang demi meraih kemerdekaan dengan membentuk berbagai perkumpulan, lebih dari seabad lalu, kita nyaris tak punya apa-apa. Kita hanya memiliki semangat dalam jiwa dan kesiapan dalam mempertaruhkan nyawa. Hal itu telah dibuktikan oleh sejarah semangat dan komitmen itu telah cukup, asal kita bersatu dalam cita-cita yang sama yaitu kemerdekaan bangsa.

Bersatu adalah kata kunci ketika ingin mengapai cita-cita yang sangat mulia namun bersama itu tantangan yang maha kuat menghadang di depan. Pendahulu, Boedi Oetomo memberi contoh dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan utama kemerdekaan. Boedi Oetomo menjadi salah satu penanda utama bahwa bangsa Indonesia untuk pertama kalinya menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan.

Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, pada peringatan Harkitnas tahun 1952 mengatakan bahwa pada hari itu mulai memasuki cara baru untuk melaksanakan satu ide, satu naluri pokok dari bangsa Indonesia. Naluri pokok ingin hidup berharkat sebagai manusia dan sebagai bangsa. Cara baru itu ialah cara mengejar sesuatu maksud dengan alat organisasi politik, cara berjuang dengan perserikatan dan menghimpun politik, cara berjuang dengan tenaga persatuan. Dengan keterbatasan sarana dan prasarana pada saat itu, mereka terus berjuang meghidup-hidupi api nasionalisme dalam diri masing masing.

Peringatan Harkitnas tahun ini mengambil tema pembangunan sumber daya manusia memperkuat pondasi kebangkitan nasional Indonesia dalam era digital. Seusai upacara, Bupati Bangli I Made Gianyar menyampaikan pesan kepada generasi muda untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Mengutip dari Bung Karno, Kuasai ilmu pengetahuan, kuasai teknologi. “Yang kita inginkan adalah ilmu pengetahuan itu adalah berbudaya dan beradab. Sehingga tidak akan menjadi biadab pintar merakit bom digunakan untuk mengebom manusia dan bangsa sendiri,” pesannya. *e

Komentar