nusabali

Bupati Karangasem Buka Layanan Goes to Banjar

  • www.nusabali.com-bupati-karangasem-buka-layanan-goes-to-banjar

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri membuka layanan jemput bola  yang diberi nama Goes to Banjar.

AMLAPURA, NusaBali
Layanan ini pertama kali diselenggarakan di Banjar Tabola, Desa/Kecamatan Sidemen, Karangasem, Jumat (18/5). Layanan terpadu tersebut langsung diapresiasi masyarakat Desa Sidemen dan sekitarnya. Sebab layanan ini mendekatkan pemerintah dengan masyarakat, sangat efektif dan mudah.

Sebanyak 154 jenis pelayanan diberdayakan secara terpadu masing-masing 98 pelayanan perizinan dan 56 pelayanan non perizinan. Sesuai Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, pemerintah berkewajiban melayani setiap warga masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar. Di samping itu, pelayanan dengan jemput bola merupakan visi dan misi Pemkab Karangasem dalam mewujudkan pemerintahan yang cerdas, bersih, dan bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana.

Dari 154 pelayanan itu di antaranya layanan e-KTP, NPWP, sambungan baru PDAM, SIM, KB, vaksinasi hewan, layanan kesehatan gratis, akta kelahiran, perpustakaan keliling, Samsat, dan lainnya. Bupati Mas Sumatri mengingatkan agar kesempatan pelayanan jemput bola itu dimanfaatkan sebaik-baiknya. “Kita sekarang ini tidak perlu lagi datang jauh-jauh ke Amlapura sebab pelayanan sampai di banjar. Maka dari itu manfaatkan kesempatan ini. Bagi yang belum punya e-KTP, daftar dan lakukan perekaman langsung cetak serta dapat e-KTP gratis,” jelas Bupati Mas Sumatri.

Bupati Mas Sumatri mengingatkan kepada masyarakat pelayanan jemput bola ke banjar-banjar juga merupakan bagian dari perjuangannya sebelum dinobatkan sebagai Bupati Karangasem. Tujuannya untuk meringankan beban masyarakat. “Sehingga tidak perlu keluar biaya untuk datang ke kota Amlapura. Pemerintah itu pelayan masyarakat, ini buktinya,” jelas Bupati Mas Sumatri yang juga Ketua DPD Partai NasDem Karangasem. Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Karangasem, I Wayan Putu Laba Erawan, mengatakan pelayanan dengan Goes to Banjar, merupakan pelayanan mobile yang selama ini pelayanan secara terpadu terpusat di Mall Pelayanan Publik (MPP) di Gedung UKM Center Jalan Gajah Mada Amlapura.

Guna memudahkan masyarakat, juga dilakukan keliling ke banjar-banjar secara mobile. “Kami selaku pemerintah diuntungkan dengan antusiasnya warga yang datang ke banjar sehingga dengan mudah memberikan pelayanan secara terpadu,” jelas Laba Erawan. Warga bisa sekali datang untuk mengurus beberapa keperluan mulai dari KTP, akta kelahiran, SIM, KB, dan sebagainya. “Inilah istimewanya pelayanan terpadu Goes to Banjar, semua jenis pelayanan perizinan dan non perizinan tersedia di satu tempat,” kata laba Erawan. *k16

Komentar