nusabali

KARMA KMHD IPB 2018 : Ekspresimu Kebahagianmu Bersama Bhagavad Gita

  • www.nusabali.com-karma-kmhd-ipb-2018-ekspresimu-kebahagiaanmu-bersama-bhagavad-gita

Kebahagiaan yang bersumber dari luar itu bersifat temporal, demikian pula kebahagiaan yang dicari di luar diri bersifat sangat dangkal, namun kebahagiaan yang bersumber dari dalam hati yang murni dan kebahagiaan bersama Tuhan inilah kebahagiaan yang sejati.

NusaBali, Bogor
Kitab Bhagawadgita membahas tentang tiga jenis kebahagiaan, yaitu rajasa, tamasa, dan sattvika. Namun mengingat begitu besar pengaruh globalisasi dalam setiap seluk beluk kehidupan di setiap generasi, terkhusus terhadap generasi muda yang sudah seharusnya semakin cerdas dalam memilah-milah dampak dari pada globalisasi tersebut agar mampu menciptakan kebahagiaan spritual bukan hanya kebahagiaan duniawi.

Satu kegiatan cerminan dalam pengembangan kesadaran generasi muda kembali dihelat, suatu kegiatan dengan tujuan yang dapat memberikan siramanrohani (spiritual) kepada mahasiswa dan masyarakat Hindu di sekitarnya untuk menumbuhkan jiwa bahagianya seseorang dianugrahkan menjadi umat Hindu dan mempererat tali persaudaraan. Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma IPB menyelenggarakan seminar dengan nama “KARMA (Kajian Bersama) KMHD IPB 2018”  yang mengangkat tema “Bahagia menjadi Seorang Hindu”.

Acara ini merupakan acara puncak dari 4 rangkaian acara KARMA KMHD IPB 2018. Sebelum diadakannya seminar, KMHD IPB juga mengadakan dua acara lomba, yakni lomba tari yang diikuti oleh sanggar tari dan pasraman se-Jabotabek, serta lomba artikel dan lomba fotografi yang mengangkat tema Samatha Lokaha Sukhino Bhavantu, The Happiness to All The Beings in All The Worlds : (Kebahagiaan untuk Seluruhnya di Alam Semesta. Tema yang sukses menggaet perhatian para pecinta dunia tulis menulis dan fotografi, serta anak-anak untuk ikut serta dalam perlombaan tari Bali.

Diharapkan kegiatan seminar ini untuk meningkatkan rasa cinta kasih dan kepedulian terhadap agama Hindu dan seni budaya Bali dari setiap anggota KMHD IPB dan peserta pada zaman modern ini. Selain itu juga untuk menambah wawasan seputar hal-hal keagamaan yang terdapat dalam agama Hindu bagi anggota KMHD IPB dan peserta. Seminar ini dihadiri oleh para mahasiswa dan dosen dari berbagai jurusan yang berumat Hindu, serta pejabat-pejabat dari berbagai unit maupun Pembimbing Masyarakat. Acara dibuka dengan penampilan tari sekar jagat oleh Sekolah Regina Pacis dan Pasraman Giri Kusuma dan penampilan Sloka yang ditampilkan oleh generasi muda dari Pasraman Giri Kusuma dan Pasrama Cinere. Pemberian sambutan oleh Ir. Ngakan Nyoman Kutha Ardhana, M.Sc selaku Pembina Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma IPB 2018 meresmikan dimulainya seminar KARMA KMHD 2018. Selain itu, KARMA KMHD IPB 2018 juga mengadakan festival kuliner yang menyediakan berbagai makanan khas Bali bagi para peserta yang berkenan membeli makanan dan minuman yang dijajakan sebagai oleh-oleh ataupun nostalgia bagi peserta yang jarang makan makanan khas Bali.

Seminar ini dipandu oleh moderator, Gusti Bagus Putra Cahyana dengan dua orang nara sumber, Ir. Made Yuda negara dan Komandan Ni Kadek Surpi Aryadharma, seminar  pun dimulai. Komandan Ni Kadek Surpi Aryadharma selaku motivator Hindu serta pimpinan gerakan Bhagavad Gita Indonesia menyampaikan gagasannya terlebih dahulu.Beliau menyampaikan seminar mengenai mengkaji nilai-nilai filosofi Hindu dalam Bhagawad Gita sebagai landasan dalam berpikir, berkata, dan berperilaku hingga membentuk keselarasan dan kebahagiaan dalam hidup dengan topik: “Bahagia menjadi seorang Hindu”. Beliau juga memimpin peserta untuk turut berdoa bersama dan merenungkan segala harapan agar diberikan anugrah dan perlingungan dari Ida Sang Hyang Wasa Tuhan Yang Maha Esa. Beliau juga membagikan buku dan selendang gratis bagipeserta yang beruntung.

Dilanjutkan dengan seminar oleh Ir. Made Yuda negara selaku pimpinan pusat KMHDI menyampaikan mengkaji nilai-nilai universal Hindu berkenaan dengan rasa syukur, rasa bangga, dan rasa cinta seseorang yang lahir menjadi Hindu dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Akhir seminar, dilakukan juga kegitan meditasi yang dipimpin oleh Ir. Made Yuda negara selaku pimpinan Yayasan Anand Khrisna. Sebagai penutupan acara, ditampilkan hiburan dan menyanyikan jingle KMHD IPB.

Tujuan jangka panjang daripada kegiatan ini sebagai mana telah diwakili oleh berbagai rangkaian kegiatannya adalah kegiatan ini dapat meningkat kan pengetahuan tentang kebahagiaan sesungguhnya. Kebahagiaan bukan berasal dari kegiatan hura-hura, tetapi kebahagiaan dapat berasal dari diri sendiri dengan tetap menmbaca dan memahami Bhagavad Gita, serta dapat memberikan angin  segar dan semangat baru yang mana dapat meningkatkan kepahaman juga kesadaran kalangan muda akan pentingnya peranan implementasi mengenai kebanggaan menjadi Umat Hindu.*

Komentar