nusabali

TPG Tri Wulan I Cair, Tri Wulan IV Ngadat

  • www.nusabali.com-tpg-tri-wulan-i-cair-tri-wulan-iv-ngadat

Puluhan guru menandatangani bukti penerimaan Tunjangan Profesi Guru (TPG) Tri Wulan I tahun 2018 di kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli, Kamis (17/5).

BANGLI, NusaBali
Usai penandatanganan bukti penerimaan TPG, para guru malah pakrimik karena TPG Tri Wulan IV tahun 2017 masih ngadat dan belum terbayarkan. Mereka pun khawatir TPG Tri Wulan IV tahun 2017 nantinya tidak terbayarkan.

Sumber di lapangan mengira bukti penerimaan yang ditandatangani adalah TPG Tri Wulan IV. Setelah dicek ternyata bukti penerimaan TPG Tri Wulan I tahun 2018. “Kenapa TPG Tri Wulan IV belum dibayar? Dari informasi yang kami dengar, TPG Tri Wulan IV segera cair tapi sampai sekarang belum ada,” ungkap sumber yang namanya minta tak dikorankan ini. Ia menduga pencairan TPG Tri Wulan I tahun 2018 untuk mengalihkan perhatian persoalan TGP Tri Wulan IV tahun 2017.

Sebelumnya para guru dijanjikan TPG Tri Wulan IV tahun 2017 dibayarkan dua hari lalu, hanya saja hingga kini belum ada realisasi. Berkaitan dengan hal tersebut, anggota komisi I DPRD Bangli, Satria Yudha, meminta pengampu kebijakan tidak memberikan harapan yang tidak kunjung terealisasi. “Guru-guru diberikan angin segar, namun TPG yang diharapkan segera turun tidak kunjung terealisasi,” sebutnya. Satria Yudha meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait segera menyelesaikan persoalan tersebut.

Sekda Bangli, IB Gede Giri Putra, saat dikonfirmasi mengatakan anggaran untuk membayar TPG Tri Wulan IV tahun 2017 sudah siap dicairkan. Hanya saja ada persoalan lain di internal Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bangli hingga saat ini pembayaran TPG Tri Wulan IV belum terealisasi. Sekda Giri Putra mengungkapkan sesuai dengan perintah Bupati Bangli I Made Gianyar, pembayaran TPG harus disegerakan. “Kami juga dapat masukan dari BPK mengenai pembayaran TPG,” ujarnya. Dikatakan, proses saat ini masih menunggu surat perintah membayar (SPM). Bila SPM sudah keluar maka proses pencairan bisa segera dilakukan. Sekda Giri Putra akan segera memanggil Kepala dan Sekretaris Disdikpora.

Sekda Giri Putra menyayangkan kondisi ini, sebab sudah menjadi instruksi pimpinan namun di dinas terkait tidak mampu merealisasikannya. “Seperti tidak ada greget untuk menpercepat proses ini,” sindirnya. Sekda Giri Putra memastikan TPG tri wulan IV pasti dibayarkan karena itu merupakan hak para guru. Jumlah guru sertifikasi di tingkat pendidikan TK sebanyak 45 orang, SD 666, tingkat SMP 325, sehingga total keseluruhan 1.036 orang. *e

Komentar