nusabali

BBMKG Warning Adanya Angin Kencang dan Gelombang Tinggi

  • www.nusabali.com-bbmkg-warning-adanya-angin-kencang-dan-gelombang-tinggi

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dam Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar mengeluarkan peringatan dini adanya angin kencang dan gelombang tinggi dalam dua hari ke depan.

MANGUPURA, NusaBali
Angin kencang dan gelombang tinggi merupakan hal yang sering terjadi setiap tahun pada musim angin timur.Prakirawan BBMKG Kadek Setiya Wati mengatakan sebenarnya angin kencang pada musim kemarau adalah suatu hal yang normal terjadi. Menurutnya, kecepatan angin saat ini di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Tuban, Kecamatan Kuta, tercatat mencapai 43 kilometer  per jam. Kecepatan angin itu masih terbilang normal namun harus waspada. “Angin kencang pada musim angin timur di Bali adalah hal yang biasa terjadi setiap tahun. Normalnya kecepatan angin 10–40 kilometer per jam. Angin timur terjadi pada April hingga September setiap tahunnya,” ungkapnya, Selasa (15/5).

Melihat angin yang cukup kencang berdampak pada peningkatan tinggi gelombang laut. Yang perlu diatensi adalah di wilayah perairan selatan Bali, seperti di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, dan Selat Lombok bagian selatan. Tinggi gelombang diprakirakan 2,5 meter hingga 3 meter.

“Tinggi gelombang seperti ini cukup ekstrem. Tinggi gelombang yang mencapai 2 meter atau lebih itu sudah diberi peringatan dini. Karena sudah mencapai 3 meter maka kondisi itu dinilai cukup ekstrem. Angin bertiup dari timur ke tenggara,” kata Setiya Wati.

Selain itu saat ini masih ada kemungkinan terjadi hujan. Karena masih ada masa udara basah sampai pada ketinggian hingga 3.000 meter di atas wilayah Bali. Kondisi ini umumnya terjadi di wilayah Bali bagian barat, tengah, timur, dan sedikit di selatan. Tetapi kejadiannya tak merata. “Dari analisa pemodelan cuaca, secara umum kondisi cuaca di wilayah Bali umumnya berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang,” tuturnya. *p

Komentar