nusabali

Disdukcapil Fasilitas Masyarakat Dalung Urus Administrasi Kependudukan

  • www.nusabali.com-disdukcapil-fasilitas-masyarakat-dalung-urus-administrasi-kependudukan

Petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Badung melakukan jemput bola ke desa-desa dalam rangka memfasilitas warga mengurus administrasi kependudukan.

MANGUPURA, NusaBali
Seperti yang dilakukan, Minggu (13/5), di Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, sejak pagi petugas sudah standby di GOR Dalung.Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Badung Putu Suryawati, mengatakan program jemput bola ini dilakukan dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan begitu warga Dalung tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil.

“Dalam kegiatan hari ini (kemarin), kami melakukan perekaman, pencetakan KTP elektronik (KTP-el), pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) maupun pemutakhiran data Kartu Keluarga (KK),” tutur Suryawati.

Suryawati menyatakan, antusiasme warga pada progam jemput bola dari Disdukcapil sangat luar biasa. Terbukti masyarakat memadati GOR Dalung, tempat berlangsungnya kegiatan yang diberi nama Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (administrasi kependudukan) atau disingkat GISA. “Syukurlah antusiasme masyarakat luar biasa. Masyarakat membeludak,” katanya.

Menurutnya, program jemput bola ini berlaku pada tiap hari libur, Sabtu dan Minggu. “Sifatnya keliling ke desa-desa. Jadi tidak saja di Dalung tapi program serupa juga sudah menyasar desa yang lain,” tandas Suryawati.

Disinggung hasil jemput bola di Desa Dalung, Suryawati memaparkan perekaman KTP-el sebanyak 69 orang, pencetakan KTP-el 154 keping, Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 23 orang, dan pemutakhiran data KK ada 10 orang.

Mengenai ketersediaan blangko KTP-el, Suryawati mengungkapkan masih tersedia sekitar 3.000 keping. “Masih tersisa sekitar 3.000 keping. Kami prioritaskan untuk yang belum pernah dapat KTP, yang ganti status serta KTP sebelumnya hilang. Jadi tidak diperuntukkan bagi yang sudah memegang KTP, namun masih ada masa berlakunya,” ucapnya. *asa

Komentar