nusabali

Joda Band Juarai Kompetisi 'International Jazz Day Youth Band Competition 2018'

  • www.nusabali.com-joda-band-juarai-kompetisi-international-jazz-day-youth-band-competition-2018

Kompetisi jazz bertajuk ‘International Jazz Day Youth Band Competition 2018’ yang diselenggarakan oleh Ubud Village Jazz Festival (UVJF) di Colony Creative Hub, Plaza Renon, Denpasar, Minggu (29/4) lalu, menuai sukses.

DENPASAR, NusaBali
Joda Band, salah satu peserta waktu itu, sukses menjuarai kompetisi jazz yang baru pertama kali digelar untuk generasi muda tersebut.

Co-Founder dari Ubud Village Jazz Festival, Yuri Mahatma mengatakan, menurut penilaian dewan juri, Joda Band tampil dengan interpretasi yang bagus saat membawakan ‘All the Things You are’ dan ‘Amor’. Mereka nampak sangat percaya diri namun penuh dengan kejutan.


Band yang digawangi oleh Gavriel Baruch Azanya, Ezra Briant Azanya, Aaron Juan Pradana, Adam Juan Pratama, Keisha Claudia Indrianto, dan Jerome GABE ini pun akhirnya dinobatkan sebagai pemenang. “Ini adalah benih yang kami tanam untuk Jazz yang lebih baik di depan dan untuk generasi berikutnya,” ujar Yuri.

Yuri menjelaskan, proses kompetisi berawal dari seleksi video musik jazz yang dikirimkan. Awalnya ada tujuh band yang ikut kompetisi tersebut. Kemudian, setelah melalui proses seleksi yang ketat, terpilih tiga band yang melaju ke final, diantaranya Joda Band, Plenary Session, dan Senja and The Gengs.



Ketiga band tersebut berkesempatan tampil langsung di Colony Creative Hub di hadapan tiga juri yang juga musisi hebat Indonesia yakni Balawan (gitaris), Koko Harsoe (gitaris), dan Bogie Prasetyo (drummer). Para peserta memainkan dua lagu, yakni satu lagu wajib berjudul ‘All the Things You Are’ karya Jerome Kern dan satu lagu bebas. Masing-masing bermain dengan penataan ulang, harmonisasi, dan karakter yang berbeda.


Poin dari penilaian kompetisi jazz ini adalah kolektif dan soliditas, improvisasi, bagian irama yang ketat, penataan ulang dan harmoni, serta bukan pertunjukan satu orang. Adanya kompetisi ini, Yuri berharap akan terus tumbuh generasi-generasi muda yang mempelajari jazz dan mengembangkannya. Pihaknya juga berencana akan melanjutkan kompetisi tersebut setiap tahunnya. “Kami akan melakukan kompetisi ini setiap tahun,” tegas Yuri.


Sebagai pemenang hadiah pertama, Joda Band berhak atas slot waktu pertunjukan di Ubud Village Jazz Festival 2018 dan sesi rekaman di Antida Music Studio. Sementara juara II diraih oleh Senja dan The Gangs yang diperkuat oleh Niken Rachel, Reno Joshua, Margaretha Christie, Pison Harry, dan Abraham Rudolf. Sedangkan pemenang ketiga adalah Plenary Session yang anggota bandnya antara lain Raymond Timothy Elkurnia, Renaldy Frederich Nathanael Magat, Adela Nathania, Jeovan Fillandro Dewanta Setyawan, Kenny Satrio, Gede Dehandra Dipastraya Wikananda, dan Made Dwi Andhika Yogiswara. Mereka semua diberi hadiah Tiket Gratis UVJF selama 2 hari.ind

*Foto Dokumentasi : Ubud Village Jazz Festival.

loading...

Komentar