nusabali

Ahok Masih di Rutan Mako Brimob

  • www.nusabali.com-ahok-masih-di-rutan-mako-brimob

Narapidana kasus terorisme yang rusuh dan melakukan penyanderaan di Rutan Cabang Salemba area Mako Brimob, Depok, Jawa Barat dipindahkan ke Nusakambangan.

JAKARTA, NusaBali
Sementara itu, narapidana kasus lain termasuk Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tetap di sana."Masih di sana," kata Dirjen Permasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami saat dihubungi, Kamis (10/5) sore, dilansir detikcom. Sri mengatakan ada 145 narapidana kasus terorisme yang dipindahkan dari Rutan Mako Brimob ke Nusakambangan. Di sisi lain, belum ada penanganan khusus untuk narapidana kasus lain yang masih ada di Mako Brimob. "Untuk sementara, masih seperti itu. Belum ada keputusan. Kita fokus prioritas ke ini dulu, mereka yang sedang menuju ke Nusakambangan," ucapnya.

Menko Polhukam Wiranto juga menegaskan, Ahok berada di blok berbeda di Rutan Cabang Salemba area Mako Brimob, Depok. "Sedangkan untuk Ahok, (di situ) ada enam (blok) rutan. Tidak dijadikan satu dengan teroris. Ahok ada (di blok) sendiri, Oman Abdurrahman ada sendiri. Nggak usah kita permasalahkan," ujar Wiranto dalam jumpa pers di Istana Bogor, Kamis (10/5).

Menurut Wiranto, Rutan Mako Brimob dihuni 155 orang yang berkaitan dengan rusuh dan penyanderaan polisi. Saat ini 145 napi/tahanan dipindahkan ke Lapas Nusakambangan. "Yang 10 masih kita tahan," sebut dia.

Sedangkan Wakapolri Komjen Syafruddin menegaskan Rutan Cabang Salemba di Mako Brimob menjadi tanggung jawab Kementerian Hukum dan HAM. "Yakni Dirjen Lapas," kata Syafruddin. Wakapolri juga menyoroti overkapasitas di Rutan Mako Brimob, meski pengamanan rutan dilakukan juga oleh Polri. *

loading...

Komentar