nusabali

KPU Matangkan Persiapan Debat Pilkada Klungkung

  • www.nusabali.com-kpu-matangkan-persiapan-debat-pilkada-klungkung

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klungkung menggelar rapat teknis persiapan debat publik pertama di ruang rapat KPU Klungkung, Kamis (10/5) pagi.

SEMARAPURA, NusaBali
Rapat ini untuk menyampaikan pelaksanaan teknis debat pertama yang digelar di Inna Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar Selatan, Sabtu (19/5) mendatang.Dalam rapat yang dipimpin oleh Ketua KPU Klungkung I Made Kariada, menghadirkan pasangan Cabup-Cawabup Klungkung, nomor urut 1 Tjokroda Bagus Oka-I Ketut Mandia (Paket Bagia) dan nomor 2 dua I Nyoman Suwirta-I Made Kasta (Suwasta), Ketua Panwaslu Klungkung I Komang Artawan, masing-masing Tim Penghubung (LO).

Ketua KPU Made Kariada mengatakan, debat pertama digelar di Inna Grand Bali Beach, Sanur, sekitar pukul 19.00 Wita-20.30 Wita. Debat dibagi dalam 5 segmen, dengan sub tema di bidang ekonomi, politik, hukum, pertanian dan pariwisata. Untuk pertanyaan tersebut dirumuskan oleh pihak perguruan tinggi. “Nanti akan ditayangkan secara langsung di TVRI Bali direlay oleh INews TV serta RRI Denpasar,” ujarnya.

Disebutkan, masing-masing paslon maksimal mengajak 100 orang pendukungnya, dan undangan 100 orang. Jadi ada 300 orang saat debat. Sementara itu, asalan KPU Klungkung menggelar debat paslon Pilkada Klungkung 2018 di hotel di Denpasar karena bercermin dari Pilkada Klungkung 5 tahun lalu, pelaksanaan debat di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Klungkung, dinilai kurang kondusif.

Disebutkan, saat itu, suara dukungan paslon terutama dari luar gedung Balai Budaya cukup menganggu, terlebih saat disiarkan langsung di TV, maka suara masing-masing paslon menjadi kurang jelas. Dipilihnya lokasi di sebuah ruangan tertutup (hotel) diharapkan apa yang disampaikan saat debat oleh masing-masing kandidat bisa didengar dengan jelas. Apalagi akan disiarkan langsung oleh statisun TV. Begitupula pendukung paslon yang bisa masuk dan memberikan support saat debat juga bisa lebih dikontrol. Sementara itu, paslon Nomor Urut 1 Tjokorda Bagus Oka dan I Ketut Mandia (Bagia) serta nomor urut 2 I Nyoman Suwirta dan I Made Kasta (Suwasta) yang hadir pada saat rapat menyetujui teknis pelaksanaan debat publik pertama ini. Mereka mengharapkan debat publik ini bisa berjalan dengan lancar dan masyarakat bisa mengetahui visi misi masing-masing paslon.

Seperti diketahui Pilkada Klungkung 27 Juni 2018 mendatang mempertemukan pasangan incumbent I Nyoman Suwirta-I Made Kasta (Suwasta) diusung koalisi Gerindra, Golkar, Demokrat, dan NasDem serta didukung PBB dan PKS melawan pasangan Tjokorda Bagus Oka-I Ketut Mandia (Bagia) diusung PDIP dan PKPI serta didukung Hanura, PAN dan PKB. *wan

Komentar