nusabali

Bhakti Karya Nusantara III di Puri Ageng Blahbatuh

  • www.nusabali.com-bhakti-karya-nusantara-iii-di-puri-ageng-blahbatuh

Bhakti Karya Nusantara (BKN) III akan dilaksanakan, Sabtu (5/3) di Puri Ageng Blahbatuh, Desa/Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. 

GIANYAR, NusaBali 
BKN dipuncaki dengan acara pemberian penghargaan kepada para tokoh yang berdedikasi dan meningkatkan spirit Gajah Mada. 

Panglingsir Puri Ageng Blahbatuh Anak Agung Ngurah Kakarsana, sekaligus Ketua Panitia BKN menjelaskan kegiatan ini sebagai upaya menguatkan semangat masyarakat sebagaimana dipancarkan  tokoh Gajah Mada. Gajah Mada, tokoh terkenal dengan Sumpah Palapa dan mampu menyatukan Nusantara. Dalam kegiatan ini sekitar 21 tokoh dari berbagai bidang akan merima penghargaan. 

Kata Kakarsana, penghargaan BKN juga sebagai upaya mengingatkan tokoh-tokoh Nasional agar sadar dan mau membuka wawasan untuk menyatukan potensi daerah. Kemudian tokoh-tokoh puri mendukung pemerintah dengan mengangkat kembali spirit Gajah Mada. Dalam kesempatan itu, Panglingsir Puri Agung Singaraja Anak Agung Ngurah Ugracena mengapresiasi BKN dipusatkan di Puri Ageng Blahbatuh karena di puri ini tersimpan topeng Gajah Mada yang disakralkan dan bermakna bagi puri-puri di Bali. Puri Ageng Blahbatuh juga nantinya akan menjadi barometer di kancah nasional, bahkan dunia luar. 

Kata dia, BKN juga sebagai motivasi bagi para tokoh untuk terus berjuang dalam menghadapi segala tantangan. Pada BKN juga akan diadakan ritual patedunan (pembukaan,Red) topeng Gajah Mada. Selanjutnya, penyerahan penghargaan berupa patung kepada para tokoh yang dinilai berjasa menjaga keutuhan Negara sesuai dengan spirit Gajah Mada. 

Panglingsir dari Keraton Seledendeng, Lombok, Keraton Solo, Keraton Bulungan Kalimantan merupakan beberapa undangan yang hadir dalam kegiatan BKN. 7 cr62

Komentar