nusabali

7.000an Warga Buleleng Pengangguran

  • www.nusabali.com-7000an-warga-buleleng-pengangguran

Kabupaten Buleleng memiliki jumlah penduduk terbanyak di Bali, sekaligus angka pengangguran relatif tinggi.

SINGARAJA, NusaBali
Data tahun 2018 di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Buleleg, angka pengangguran mencapai 7.000an orang.Hal tersebut diungkapkan Sekreataris Disnakertrans Buleleng Dewa Putu Susrama, belum lama ini. Menurutnya, dari 7.000 pengangguran di Buleeng terdiri dari pengangguran terbuka, tertutup dan pengangguran yang baru lulus SMA dan perguruan tinggi. Tinggirnya angka pengangguran di Buleleng salah satunya disebabkan oleh keterbatasan peluang kerja bagi lulusan baru. Sehingga tidak sedikit yang memutuskan untuk merantau dan bekerja ke luar kota. “Meski masih banyak pengangguran, tetapi angka ini  relatif menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hampir mencapai 8.000an,” kata dia.

Untuk menekan angka pengangguran di Buleleng, Disnakertrans selain mencarikan peluang kerja dengan membuka job fair, juga membuka kios tri in one. Pengangguran yang masuk kios ini akan dibina melalui Lembaga Latihan Kerja (LLK) untuk mendapatkan keterampilan. Mereka juga langsung mendapatkan sertifikasi kerja dan langsung disalurkan ke perusahaan-perusahan. “Dalam satu program mereka dapatkan tiga manfaat. Tidak hanya keterampilan dan sertifikasi, tetapi juga siapkan perusahaan-perusahan besar yang sudah bekerjasama dengan kami untuk menyaluran tenaga kerja,’’ jelas Susrama.

Dari ribuan pengangguran tersebut, kata dia, banyak yang merupakan pengangguran terbuka. “Pengangguran terbuka ini, mereka pengangguran, tetapi masih bisa merokok dan berjudi,” kata dia.*k23

Komentar