nusabali

Rupiah Tembus Rp 14 Ribu per Dolar AS

  • www.nusabali.com-rupiah-tembus-rp-14-ribu-per-dolar-as

Pergerakan kurs rupiah makin terperosok pada awal pekan. Bahkan, mata uang Tanah Air tersebut telah menembus level Rp 14 ribu per dolar AS.

JAKARTA, NusaBali
Berdasarkan spot perdagangan mata uang hari ini, Senin (7/5), mata uang rupiah ditutup melemah 56 poin atau 0,40 persen di Rp 14.001 per dolar AS. Padahal, saat pembukaan masih di posisi Rp 13.949 per dolar AS.

Sementara itu, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), kurs rupiah berada di level Rp 13.956 per dolar AS. Angka itu makin merosot dibandingkan Jumat lalu yang Rp 13.943 per dolar AS.

Analis Binaartha Securities Reza Priyambada mengatakan, pergerakan mata uang dolar AS memang masih cenderung menguat. Dengan begitu memberikan imbas pada pergerakan rupiah yang kembali melemah pada awal pekan ini.

Adanya rilis Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia yang mengindikasikan peningkatan pertumbuhan penjualan eceran pada Maret 2018 yang didukung kelompok suku cadang dan aksesori serta kelompok makanan, minuman, dan tembakau yang tecermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) yang tumbuh 2,5 persen (YOY), meningkat dari 1,5 persen (YOY) pada bulan sebelumnya pun tidak cukup kuat mengangkat kurs rupiah. Begitu pula dengan rilis Ekonomi Indonesia pada kuartal I 2018 yang 5,06 persen juga tidak membuat rupiah bergerak positif.*

Komentar