nusabali

78 Siswa Bali dan NTT Lolos Tahap Seleksi Berkas

  • www.nusabali.com-78-siswa-bali-dan-ntt-lolos-tahap-seleksi-berkas

Sebanyak 78 siswa asal Bali dan NTT lolos seleksi berkas pada program pertukaran pelajar Bina Antarabudaya Chapter Denpasar.

Bina Antarbudaya Chapter Denpasar

DENPASAR, NusaBali
78 siswa ini khusus yang memilih program Youth Exchange and Study (YES), dan mengalahkan 288 orang peserta lainnya yang ikut mendaftar.Adapun 78 peserta tersebut meliputi 8 orang dari Denpasar, 8 orang dari Amlapura, 2 orang dari Tabanan, 16 orang dari Singaraja, 1 orang dari Badung, 2 orang dari Semarapura, 15 orang dari Maumere, dan 26 orang dari Kupang.

Awalnya, menurut Ketua Panitia Seleksi Capther Denpasar, Ni Luh Yesi Candrika, peserta yang mendaftar tahun ini sebanyak 366 orang. Setelah berkas diverifikasi, sebanyak 175 orang lolos mengikuti seleksi berkas. “Tapi pada seleksi tahap 1 (seleksi berkas, red) hanya 78 orang yang lolos ke tahap selanjutnya yakni tahap wawancara bahasa Inggris dan keperibadian,” ungkapnya, Jumat (4/5).

Candrika menjelaskan, proses seleksi penerimaan program YES tahun ini berbeda dengan penerimaan di tahun-tahun sebelumnya. Perbedaannya terletak pada adanya seleksi berkas di tahap pertama, ini dilakukan dengan tujuan menyaring siswa yang benar-benar berprestasi yang dapat dilihat melalui syarat pendaftaran, di antaranya nilai raport mereka (kelas IX semester 1 dan 2 dan kelas X semester 2) harus minimal rata-rata nilainya adalah 8.00,” jelasnya.

Syarat lain yang harus dipenuhi peserta, yakni setiap peserta diharapkan memiliki prestasi di bidang akademis maupun non akademis minimal tingkat kota/kabupaten. Selain itu, keaktifan siswa dalam kegiatan organisasi baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah juga dinilai. “Dari tahap pertama penilaian kami secara objektif dan kredibel,  yang dilakukan oleh dewan juri dari latar belakang pekerjaan yang berbeda seperti dosen, guru, pengacara, aktivis bidang kebudayaan, dan lainnya,” imbuhnya.Selanjutnya, setelah dilakukan seleksi berkas, seleksi wawancara bahasa Inggris dan kepribadian akan dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2018 secara serentak di seluruh Indonesia. *ind

Komentar