nusabali

Pemkot Denpasar Koordinasi TPID

  • www.nusabali.com-pemkot-denpasar-koordinasi-tpid

Upaya Menekan Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok

DENPASAR, NusaBali
Pemerintah Kota Denpasar, Bali, melakukan koordinasi dengan tim pengendali inflasi daerah (TPID) dalam upaya menekan kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang perayaan Hari Suci Galungan dan Kuningan tahun 2018.

Kepala Bagian Ekonomi Pemerintah Kota Denpasar Made Saryawan disela menghadiri ‘High Level Meeting TPID Bali’, Kamis (3/5), mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait, antara lain dengan dinas perindustrian dan perdagangan dan Bulog serta puasa dan Idul Fitri. "Dengan koordinasi tersebut diharapkan menjelang hingga puncak perayaan keagamaan, harga kebutuhan pokok dan barang lainnya tetap stabil," ucapnya.

Menyinggung kegiatan pertemuan tersebut, adalah langkah evaluasi TPID yang menentukan kebijakan tentang inflasi di daerah. "Peserta yang mengikuti pertemuan ini adalah para ketua tim TPID, ekonom, akademisi dan pemangku kepentingan terkait di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota di Bali," ucapnya.

Lebih lanjut Made Saryawan mengatakan dalam pertemuan itu turut dibahas langkah-langka pengendalian inflasi di daerah, baik tingkat provinsi dan kabupaten serta kota di Pulau Dewata serta upaya agar laju inflasi dapat dikendalikan melalui serangkaian program dari masing-masing OPD di lingkungan pemerintahan bersangkutan seperti mengadakan pasar murah dan operasi pasar.

"Dalam pertemuan itu diundang pula para pemangku kebijakan ekonomi daerah untuk mendengarkan pemaparan dari masing-masing OPD terkait program pengendali inflasi yang telah dilaksanakan dan upaya yang dilakukan untuk menekan inflasi serta antisipasi kenaikan harga terutama menjelang hari suci Galungan dan Kuningan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua TPID Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Rai Iswara yang juga Sekda Denpasar menjelaskan mengenai perkembangan indeks harga konsumen dan inflasi Kota Denpasar dari bulan Januari hingga April 2018.

Pada bulan Januari 2018 di Kota Denpasar terjadi inflasi sebesar 0,94 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 128,37 persen. Tingkat inflasi tahun kalender sebesar 0,94 persen. Tingkat inflasi tahun ke tahun (YoY) sebesar 2,85 persen.

Pada Februari 2018 di Kota Denpasar terjadi inflasi sebesar 0,65 persen dengan indeks IHK sebesar 129,21 persen. Tingkat inflasi tahun kalender sebesar 1,60 persen dan tingkat YoY sebesar 3,10 persen. Rai Iswara mengatakan memasuki bulan Maret 2018, di Kota Denpasar terjadi inflasi sebesar 0,15 persen dengan indeks IHK sebesar 129,40 persen. Tingkat inflasi tahun kalender sebesar 1,75 persen dan tingkat inflasi YoY sebesar 3,23 persen.

Sementara memasuki bulan April 2018 tercatat di Kota Denpasar mengalami inflasi sebesar 0,07 persen dengan indeks IHK sebesar 129,49 persen. Tingkat inflasi tahun kalender (Januari-April 2018) sebesar 1,82 persen dan tingkat inflasi YoY (Januari-April 2018) sebesar 3,23 persen. "Saat ini dalam rangka menjaga stabilitas harga menjelang Hari Suci Galungan dan Kuningan maka peran TPID menjadi sangat penting, sehingga tidak terjadi lonjakan harga yang drastis," kata Rai Iswara.*ant

loading...

Komentar