nusabali

Pemkab Badung Pasang LPJ di 1.200 Titik di Kuta Selatan

  • www.nusabali.com-pemkab-badung-pasang-lpj-di-1200-titik-di-kuta-selatan

Kerap menerima keluhan lantaran banyak lampu penerangan jalan (LPJ) padam, pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Badung menggelontorkan anggaran Rp 20 miliar untuk pengadaan dan pemasangan LPJ.

MANGUPURA, NusaBali
Untuk itu, Pemkab Badung telah memasang tender proyek ini di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).Sesuai tender di LPSE yang akan berakhir pada Jumat (4/5) hari ini, nilai pengadaan dan pemasangan LPJ disiapkan Rp 20 miliar lebih. Lampu yang digunakan nanti adalah LED. Rencananya pemasangan LPJ akan dilakukan di wilayah Kecamatan Kuta Selatan.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Badung Sang Nyoman Oka Permana, saat dikonfirmasi membenarkan tender tersebut. Menurut dia, nilai pagu anggaran yang dipatok sudah termasuk pengadaan lampu serta pemasangannya.

“Pemasangan dianggarkan Rp 9 miliar, itu meliputi tiang dan kabelnya. Sedangkan pengadaan lampu LED senilai Rp 11 miliar. Untuk pengadaan lampu LED sudah berdasarkan e-katalog,” kata Oka Permana, Kamis (3/5).

Hingga Kamis kemarin tercatat di LPSE Kabupaten Badung sudah ada 17 rekanan yang menyatakan berminat pada proyek ini.

Oka Permana menyebut, total ada 1.200 titik LPJ yang akan dipasang. “Yang jelas semuanya lampu LED, ini juga salah satu program pemerintah untuk menggantikan bola lampu yang sudah terpasang,” imbuhnya.

Sekadar mengingatkan, sejak kepemimpinan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, diprogramkan untuk mengubah seluruh lampu penerangan jalan (LPJ) menggunakan LED. Secara bertahap LPJ di Gumi Keris telah menggunakan LED, walaupun cukup mahal namun dari hitung-hitungan akan terjadi penghematan penggunaan energi listrik yang sangat besar.

Kepala BMP Badung IB Surya Suamba, Kamis (1 September 2017) mengakui adanya kebijakan pimpinan (bupati) jika tahun 2017 seluruh LPJ di Badung harus menggunakan lampu LED. Didampingi Kabid Jalan dan Jembatan Sang Nyoman Oka Permana, Surya Suamba mengatakan alasan bupati adalah untuk penghematan energi listrik. Jika menggunakan LPJ bola lampu umumnya berdaya sekitar 59 Watt hingga 250 Watt. Tapi dengan menggunakan LED, nanti akan seragam dengan kekuatan sekitar 80 Watt. *asa

Komentar