nusabali

Arus Lalu Lintas Jalur Kuta – Nusa Dua Macet

  • www.nusabali.com-arus-lalu-lintas-jalur-kuta-nusa-dua-macet

Arus lalu lintas kendaraan di sekitar area proyek underpass Simpang Tugu Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, dilanda macet.

Proyek Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta

MANGUPURA, NusaBali
Jika sebelumnya yang sering macet dari arah Nusa Dua menuju Kuta, kini jalur sebaliknya dari Kuta menuju Nusa Dua. Kemacetan ini terjadi akibat adanya penyempitan alur kendaraan pada bagian utara dan selatan bundaran. Penyempitan itu dilakukan karena kini frontage pada kedua bagian itu sedang dilakukan penggalian.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII Nyoman Yasmara yang dikonfirmasi, Rabu (2/5), mengatakan pengerjaan dilakukan secara simultan dari galian, pengeboran, dan pengerjaan lainnya. Menurutnya, pada bagian utara dan selatan kini dilakukan galian. Alur lalu lintas dipersempit dan diarahkan ke jalan detour sisi timur.

Dia mengaku saat ini progres pembangunan jalan underpass yang memiliki panjang 712 meter ini sudah mencapai 55,4 persen. Pihaknya terus berupaya agar proyek tersebut rampung pada Agustus mendatang. Pengerjaan kini sudah semakin mudah karena semua utilitas milik PLN, PDAM, maupun pipa avtur sudah direlokasi. Karenanya, alat-alat berat semakin mudah dioperasikan.

Yasmara mengungkapkan pada bagian selatan bundaran saat ini tinggal 47 titik dari 230 titik. Rinciannya panjang frontage sisi selatan 260 meter, sisi utara 320 meter, dan underpass tertutup 132 meter.

“Kami berupaya agar proyek ini selesai Agustus. Saat ini kami sedang melakukan penggalian kedalaman 3 meter pada masing-masing frontage. Setelah dilakukan penggalian langsung pengerjaan dinding penahan tanah,” ungkapnya.

Yasmara mengatakan pengeboran pada bagian selatan bundaran sedikit lebih lambat karena hanya dapat dilakukan penggarapan dari pukul 02.00 dini hari hingga pukul 07.00 pagi. Hal itu karena pada bagian selatan merupakan Kawasan Keselamatan Operasional Penerbangan (KKOP).

Sementara itu, dari pantauan kemacetan akibat penyempitan alur kendaraan ini pada bagian utarara bundara hingga Simpang Dewa Ruci. Sementara pada bagian selatan kendaraan yang keluar dari Tol Bali Mandara mengalami kemacetan. Dimana terjadi perpotongan arus kendaraan yang menuju Nusa Dua dan ke arah bandara. *p

Komentar