nusabali

Siapkan Dokumen Lelang CC Room, Diskominfo Gandeng Perwakilan BPKP

  • www.nusabali.com-siapkan-dokumen-lelang-cc-room-diskominfo-gandeng-perwakilan-bpkp

Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Badung menggandeng Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bali untuk memberikan pendampingan dalam persiapan dokumen dan administrasi pelelangan Center Control (CC) Room.

MANGUPURA, NusaBali
Center Control Room ini untuk melengkapi gedung Badung Command Center. Pendampingan BPKP itu dimaksudkan agar prosesnya tidak melabrak aturan yang berlaku.CC Room rencananya berada di lantai I dari tiga lantai yang gedungnya selesai dibangun beberapa waktu lalu. CC Room ini nanti akan dilengkapi perangkat komputer, server, dan yang lainnya

Kadis Kominfo Badung Made Weda Darmaja, menjelaskan saat ini  pengadaan CC Room sedang dalam tahapan persiapan dokumen dan administrasi pelelangan. “Anggarannya (CC Room beserta perlengkapannya) sebesar Rp 30 miliar,” ujarnya, Rabu (2/5).

Birokrat asal Desa Sembung, Kecamatan Mengwi, itu melanjutkan, pihaknya masih menunggu hasil dari pendampingan Perwakilan BPKP Provinsi Bali, termasuk dari Inspektorat. Karena ini terkait penentuan dan perhitungan HPS (Harga Perkiraan Sendiri). “Dalam pelelangan dan pengadaan, kami mendapatkan pendampingan dari BPKP Provinsi Bali, agar prosesnya sesuai dengan prosedur,” katanya.

Setelah semua administrasi dan dokumen siap, barulah dilakukan pelelangan melalui LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik). Jika tidak ada permasalahan, dipastikan tahun 2018 ini Badung sudah memiliki CC Room canggih. CC Room ini akan menjadi ruang kendali Smart City Badung, termasuk control CCTV yang telah terpasang di ratusan titik strategis di Badung.

Sekadar mengingatkan, pembangunan gedung Badung Command Center menelan anggaran senilai Rp 47 miliar. Proyek digarap oleh PT Trijaya Nasional. Gedung ini antara lain meliputi ruang pelayanan publik atau informasi, ruang command center, data center, ruang operator Bupati untuk memberikan instruksi, meeting room, dan ruang piranti lainnya. Gedung tersebut juga sekaligus menjadi kantor Diskominfo.

Bahkan, gedung yang dirancang jadi pusat data itu telah dilakukan upacara pemlaspasan pada Anggara Kliwon Dukut, Selasa (6/3). Upacara pemlaspasan dipimpin oleh Ida Pedanda Gede Mas Pratama dari Griya Tegeh Abiansemal, Badung, dengan upakara caru ayam 5 dan bebangkit. *asa

Komentar