nusabali

4 Siswa Asal Buleleng Wakili Bali ke OSN Tingkat Nasional

  • www.nusabali.com-4-siswa-asal-buleleng-wakili-bali-ke-osn-tingkat-nasional

Empat siswa SMP asal Buleleng berhasil meraih tiket dalam Olimpiade Saint Nasional (OSN) Tingkat Nasional.

SINGARAJA, NusaBali
Sebelumnya mereka dinyatakan lolos sebagai peraih nilai terbaik di masing-masing mata pelajaran di tingkat Provinsi Bali. Tiga di antara lolos dengan mata pelajaran Matematika dan seorang lainnya IPA.Mereka yakni I Putu Wisnu Jaya Wardana siswa SMPN 4 Singaraja, Ni Putu Dhara Deswita Prabha siswa SMPN 1 Singaraja dan Komang Juliantara siswa SMPN 4 Tejakula  yang lolos di bidang Matematika. Selain itu, Ketut Bisnu Suarnayuga siswa SMPN 1 Singaraja yang lolos dengan mata pelajaran IPA.

Sebelumnya, Tim OSN kabupaten Buleleng yang sudah menjalani seleksi di tingkat kabupaten mengirimkan sembilan orang siswa terbaiknya, 3 orang masing-masing berjuang memperebutkan tiket Nasional pada pelajaran IPA, Matematika dan IPS. Kerja keras dan usaha mereka nampak membuahkan hasil, dari sembilan kandidat unggulan Buleleng empat di antaranya lolos dari 81 orang peserta.

Dari total peserta, panitia pun kembali menentukan 19 peserta terkuat yang akan mewakili Bali di kancah Nasional. Selain sembilan peserta yang lolos berdasarkan nilai tertinggi di masing-masing mata pelajaran, juga dipilih sejumlah peserta yang lolos melalui jalur passing grade, yakni melampaui nilai yang ditetapkan.

Dari 19 orang akan mewakili Bali pada Juli mendatang, peserta asal Denpasar mendominasi lima orang. Disusul Buleleng dan Badung dengan peraihan seimbang, empat peserta di posisi kedua. Gianyar dengan peringkat ketiga dengan jumlah peserta lolos tiga orang.

Sebelum berjuang di tingkat Nasional, mereka akan menjalani latihan dan pembinaan terlatih 8-14 Mei mendatang di Hotel Sentral Singaraja. Mereka akan dibina oleh dosen Undiksha. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng Gede Suyasa mengaku peraihan prestasi siswanya dalam OSN merupakan kado spesial hari pendidikan nasional. “Kami tetap bersyukur, karena setiap tahunnya pasti ada saja siswa kami yang lolos, peraihan ini juga menjadi motivasi untuk siswa kami untuk terus berpacu meraih prestasi,” kata dia.*k23

Komentar