nusabali

Amir Yanto Jabat Kajati Bali

  • www.nusabali.com-amir-yanto-jabat-kajati-bali

Sebelum menjabat Karo Perencanaan Kejagung, Amir Yanto pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan Kejagung dan Wakil Kajati Sumatera Utara.

Anak Jaksa Agung Promosi jadi Asintel Kejati Bali

DENPASAR, NusaBali
Gerbong mutasi di Kejaksaan Agung (Kejagung) kembali bergolak. Kali ini Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bali, Jaya Kesuma akan segera lengser dari jabatannya saat ini. Penggantinya, Dr Amir Yanto yang saat ini menjabat Kepala Biro Perencanaan pada Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejagung.

Informasi yang dihimpun, Jaya Kesuma akan bertukar posisi menjadi Kepala Biro Perencanaan pada Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejagung. Sementara Amir Yanto akan segera mengisi jabatan sebagai Kajati Bali. “SK mutasi pejabat tersebut sudah keluar dan ditanda tangani langsung Jaksa Agung, HM Prasetyo,” tegas sumber di Kejati Bali, Selasa (1/5).

Amir Yanto sendiri sudah menjabat sebagai Karo Perencanaan Kejagung sejak Mei 2016 lalu. Sebelum menjabat Karo Perencanaan Kejagung, Amir Yanto pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan Kejagung dan Wakil Kajati Sumatera Utara. “Untuk sertijab akan dilakukan dalam waktu dekat,” tegas sumber.

Selama menjabat Kajati Bali, Jaya Kesuma memang tanpa prestasi mentereng. Jaya Kesuma sendiri masih menyisakan beberapa kasus besar yang hingga kini belum bisa diselesaikannya. Salah satunya kasus dugaan korupsi Rp 200 miliar di BPD Bali.

Selain Amir Yanto yang mendapat jabatan baru sebagai Kajati Bali, nama anak Jaksa Agung, HM Prasetyo yaitu Bayu Adhinugroho Arianto yang kini menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Gianyar juga dirotasi. Bayu mendapat promosi sebagai Asisten Intelijen (Asintel) Kejati Bali. “SK untuk Bayu ini bersamaan dengan SK mutasi Kajati Bali,” tegasnya.

Padahal Bayu baru menjabat sebagai Kajari Gianyar belum genap satu tahun tepatnya pada Juni 2017 lalu. Namun kini ia sudah kembali mendapat promosi sebagai Asintel Kejati Bali. Untuk diketahui, putra jaksa agung, Bayu dalam 2-3 tahun ini beberapa kali bergeser posisi. Sebelumnya, Bayu sempat menjabat koordinator jaksa di Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

Bayu juga menjabat Kasubag Pembinaan Kejari Subang pada 13 Desember 2010 hingga 23 Desember 2011. Lalu, jabatan yang diembannya menjadi Kasi Intelijen Kejari Cibinong pada 23 Desember 2011 hingga 3 Februari 2014. Selanjutnya, menjabat Kasi Tipidum Kejari Bale Bandung dari 3 Februari 2014 hingga 13 Mei 2015. Setelah itu Bayu menjabat sebagai koordinator jaksa di Kejati DKI Jakarta.

Kasi Penkum dan Humas Kejati Bali, Edwin Beslar yang dikonfirmasi membenarkan mutasi tersebut. Ia mengatakan Kajati Bali, Jaya Kesuma akan tuka posisi dengan Amir Yanto yang kini menjabat sebagai Kepala Biro Perencanaan pada Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejagung.

Untuk Kajari Gianyar, Bayu Adinugroho juga akan dimutasi sebagai Asintel Kejati Bali. “Kalau nama pengganti Kajari Gianyar saya belum dapat. Begitu juga jadwal sertijab Kajati yang rencananya akan digelar di Jakarta,” tegas Edwin yang dihubungi Selasa malam. *rez

Komentar