nusabali

SPSI Tabanan Kirim Buruh

  • www.nusabali.com-spsi-tabanan-kirim-buruh

Memperingati hari buruh, Selasa (1/5) besok, sejumlah buruh asal Tabanan yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dipastikan mengikuti peringatan Hari Buruh.

Peringati May Day di Denpasar

TABANAN, NusaBali
Peringatan akan digelar di Kantor Sekretaris DPD SPSI Balim, wilayah Sesetan, Denpasar. Ketua DPC SPSI Tabanan I Ketut Budiarsa mengatakan, sekitar 20 buruh akan mengikuti May Day yang dipusatkan di Kantor DPD SPSI Denpasar. Mereka tidak turun ke jalan, melainkan akan memeriahkan May Day dengan aksi donor darah. "Jumlah ini dipastikan bertambah karena kami akan menggelar rapat kembali pada Senin (30/4) besok (hari ini, red)," ujarnya, Minggu (29/4).

Terkait keberangkatan pada Selasa (1/5) besok, pihaknya sudah melaporkan ke Polres Tabanan dan ke Kodim Tabanan. Hanya saja tidak akan menggelar titik kumpul, melainkan langsung kumpul di Kantor SPSI. "Selain akan mengikuti donor darah, bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Bali, akan digelar juga diskusi santai membahas yang berhubungan dengan persoalan buruh," tegasnya.

Diskusi tersebut misalnya terkait dengan upah, SPSI Tabanan bersama dengan Disnaker Tabanan rutin melakukan sosialisasi tiga bulan sekali ke pekerja dan perusahaan. Serta juga akan membahas hak dan kewajiban. Sebab menurut Budiarsa perusahaan yang melapor ke Disnaker sedikit padahal jumlah perusahaan ada banyak. "Jadi kalau sudah seperti ini, akan berimbas ke pekerja atas sedikitnya kesadaran perusahaan melapor. Sehingga pekerja terkesan beban, padahal pekerja dengan perusahaan adalah partner," bebernya.

Untuk saat ini SPSI Tabanan memiliki 3.000 anggota yang merupakan bekerja dari berbagai perusahaan. Awalnya ada 4.000 tetapi karena Nirwana Bali Resort tutup jadi kurang. "Tetapi ada juga perusahaan yang memang memiliki serikat pekerja intern didalamnya," tandas Budiarsa.*d

Komentar