nusabali

Malam Ini, Pastika Saksikan Adu Debat Calon Penggantinya

  • www.nusabali.com-malam-ini-pastika-saksikan-adu-debat-calon-penggantinya

Debat publik episode I Cagub-Cawagub untuk Pilgub Bali 2018 di Hotel Goodway, Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Sabtu (28/4) malam ini, mendapat perhatian khusus Gubernur Made Mangku Pastika.

DENPASAR, NusaBali
Orang nomor satu di Bali ini akan menyaksikan langsung adu cerdas calon penggantinya nanti.Ada dua pasangan Cagub-Cawagub yang akan tarung head to head di Pilgub Bali, 27 Juni 2018, di mana mereka lebih dulu terlibat debat. Pertama, pasangan Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Koster-Cok Ace), Cagub-Cawagub Bali nomor urut 1 yang diusung PDIP-Hanura-PKPI-PAN-PKB-PPP. Kedua, pasangan IB Rai Dharmawijaya Mantra-I Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta), Cagub-Cawa-gub Bali nomor urut 2 yang diusung Golkar-Demokrat-Gerindra-NasDem-PKS-PBB.

Mereka akan terlibat tiga kali debat kandidat. Depat episode II akan dilaksanakan 26 Mei 2018. Sedangkan debat episode III akan dilak-sanakan 22 Juni 2018. Khusus debat kandidat episode I malam ini, bertema ‘Memajukan dan Menyelesaikan Persoalan Daerah’, dengan Sub Tema: ‘Ekonomi, Pariwisata, Pertanian, dan Lingkungan Hidup’.

Materi pertanyaan untuk sub tema ekonomi akan dirumuskan Dr Nyoman Subawa ST SSos MM (pakar ekonomi dari Undiknas Denpasar). Sedangkan meteri sub tema pertanian akan dirumuskan Prof Dr Ir I Nyoman Rai MS (pakar pertanian yang juga Dekan Fakultas Pertanian Unud). Sementara materi sub tema pariwisata akan dirumuskan Dr I Wayan Merta SE Msi (pakar pariwisata dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bali), Sebaliknya, materi sub tema lingkungan hidup akan dirumuskan dan Prof Dr Ir I Made Sudiana Mahendra M App Sc (pakar lingkungan dari Unud).

Menurut Ketua KPU Bali, dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Gubernur Pastika dan Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama diundang selaku pemimpin pemerintahan di Bali, untuk menyaksikan langsung debat kandidat malam ini.

“Diundangnya Gubernur dan Ketua DPRD ini untuk menyaksikan debat kandidat memang tidak diatur dalam Peraturan KPU RI. Tapi, KPU Bali sengaja mengundang mereka, karena baik Gubernur Pastika maupun Pak Adi Wiryatama bukan kandidat calon,” ujar Raka Sandi di Denpasar, Jumat (27/4).

Raka Sandi menyebutkan, Adi Wiryatama selaku Ketua Dewan diundang menyaksikan acara debat publik kandidat bersama Ketua Komisi I DPRD Bali (yang membidangi politik dan kepemiluan), Ketut Tama Tenaya. Pasalnya, DPRD Bali adalah representasi rakyat Bali. “Kami tidak mengundang seluruh masyarakat. Tapi, kehadiran Ketua DPRD dan Gubernur sudah mewakiliki rakyat Bali,” katanya.

Selain Gubernur dan Ketua DPRD Bali, kata Raka Sandi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Provinsi Bali juga diundang saksikan debat kandidat malam ini. Mereka adalah Kapolda Bali, Pangdam IX/Udayana, Ketua Pengadilan Negeri, dan Kajati Bali.

“Ini merupakan inisiatif KPU Bali, karena debat Cagub-Cawagub ini adalah proses mencari pemimpin secara demokratis. Kita berharap berjalan dengan dengan lancar dan aman,” katanya sembari menyebut masing-masing pasangan calon batasi membawa 100 pendukungnya ke arena debat publik.

Sementara itu, Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra mengatakan Gubernur Pastika dipastikan akan hadir menyaksikan debat Cagub-Cawagub malam ini. “Bapak Gubernur sudah pastikan hadir untuk menyaksikan debat calon penggantinya. Beliau hadir karena diundang KPU Bali selaku kepala daerah,” ujar Dewa Mahendra saat dikonfirmasi NusaBali secara terpisah di Denpasar, Jumat kemarin.

Sedangkan Ketua Dewan Adi Wiryatama mengakui dirinya memang diundang hadir menyaksikan debat kandidat, selaku pimpinan DPRD Bali. Namun, politisi senior PDIP yang mantan Bupati Tabanan dua periode ini tidak bisa datang. Dirinya akan diwakili Ketua Komisi I DPRD Bali, Ketut Tama Tenaya.

Menurut Adi Wiryatama, dirinya tak bisa datang karena hari ini dipanggil Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. “Saya tidak bisa hadir karena dipanggil Ibu Ketua Umum (Megawati) ke Surabaya untuk kegiatan Kalpataru. Saya akan diwakili Ketua Komisi I DPRD Bali,” ujar Sekretaris Deperda PDIP Bali yang juga ayah dari Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti ini. *nat

Komentar