nusabali

Buruh Chainsaw Tertimpa Kayu

  • www.nusabali.com-buruh-chainsaw-tertimpa-kayu

Buruh chainsaw (gergaji mesin), I Putu Kebek, 23, tertimpa kayu Ketewel saat menaikkan kayu ke truk, Rabu (25/4).

AMLAPURA, NusaBali
Kejadian ini dialami korban di Banjar Badeg Tengah, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem, sekitar pukul 18.30 Wita. Akibat kejadian ini, Putu Kebek mengalami patah jari tengah pada kaki kiri.

Sebelum kejadian, empat buruh tebang kayu yang seluruhnya dari Banjar Angsoka, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, menebang pohon Ketewel di Banjar Badeg Tengah. Seusai menebang pohon, lanjut menaikkan ke truk. Tiga rekan korban lainnya yang juga menaikkan kayu ketewel secara bergantian adalah I Wayan Pasek, 26, I Putu Redana, 27, dan I Nengah Suparta, 24.

Saat gilirannya Putu Kebek menaikkan kayu, setelah ujung potongan kayu ketewel gelondongan disandarkan di bedag truk, selanjutnya mau didorong hingga posisinya lebih ke dalam. Ternyata ujung potongan kayu ketewel itu belum menyentuh bedag truk, buru-buru mendorong untuk menggeser agar kayu ketewel lebih ke dalam. Akhirnya kayu ketewel jatuh menimpa jari tengah kaki kiri korban. Korban terkejut hingga terkapar menahan rasa sakit. Atas kejadian itu selain menyebabkan jari tengah patah, luka, dan keluar darah.

Rekan-rekannya langsung menyelamatkan korban ke Puskesmas Selat. Di Puskesmas Selat ditangani dr I Wayan Sujati, hanya dapat perawatan menahan darah keluar, disumbat menggunakan perban. Selanjutnya dirujuk ke RSUD Karangasem. “Saya kira bagian ujung potongan kayu Ketewel telah bersandar di bedag truk, makanya saya dorong ternyata jatuh menimpa kaki saya,” kata Putu Kebek. Ia mengaku kerja sejak pagi pukul 08.00 Wita. “Secara fisik saya tidak lelah, hanya salah perhitungan menaruh batang kayu,” imbuhnya. *k16

Komentar