nusabali

Polisi Amankan 45 Telur Penyu

  • www.nusabali.com-polisi-amankan-45-telur-penyu

Tumpukan telur-telur Penyu dalam sebuah buis di depan Villa Semara Bay Pantai Kubur, Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, kagetkan warga, Rabu (25/4).

GIANYAR, NusaBali

Awalnya warga menduga, telur tersebut sengaja ditangkar secara ilegal sehingga polisi dikontak untuk mengecek.Menerima laporan itu, Unit IV Satreskrim Polres Gianyar pun langsung ke lokasi mengecek. Setelah dihitung telur itu 45 butir, lanjut dipindahkan ke dalam ember kemudian diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alama (BKSDA) Bali di Pantai Saba, Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Kanit IV Satreskrim Polres Gianyar Iptu AA Gde Alit Sudarma menerangkan 45 butir telur ini awalnya ditemukan warga Rabu siang sekitar pukul 10.30 Wita.

Mendapati temuan ini polisi pun sempat menduga adanya aksi penangkaran telur penyu illegal. Namun setelah dilakukan penelusuran ternyata 45 butir telur tersebut dipungut oleh nelayan desa setempat yakni Wayan Rujawan dan Nyoman Molig. “ Mereka menemukan telor penyu tersebut di pinggir pantai barat Villa Grand Ocean Pantai Kubur pada 18 April lalu, kemudian puluhan telor tersebut dipindah ke dalam sebuah buis di lokasi penemuan, “ ucapnya.

Mendapati temuan ini Unit IV Satreskrim Polres Gianyar lantas berkoordinasi dengan BKSDA di Pantai Saba. Puluhan telur ini pun langsung dipindahkan ke tempat penangakaran di Desa Saba. “ Telur ini sudha diselamatkan, dan nanti juga dilakukan pengecekan di ruas lain pantai setempat, “ ucapnya.

Iptu Agung juga mengingatkan bahwa penyu merupakan hewan yang dilindungi, karena jumlahnya kian berkurang. Dikatakan, Rabu (25/4), BKSDA juga memberikan pembinaan kepada nelayan, tentang cara menyelamatkan telur penyu. “Cukup sering ada penyu bertelur disini dan ditemukan oleh nelayan, seperti tahun lalu bisa sampai 150 telur yang ditemukan, “ ujarnya.*nvi

Komentar