nusabali

Pipa PDAM Bocor Tertimpa Tiang Listrik

  • www.nusabali.com-pipa-pdam-bocor-tertimpa-tiang-listrik

Pipa PDAM di Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem bocor akibat tertindih tiang listrik PLN.

AMLAPURA, NusaBali
Petugas PDAM mengantisipasi agar air tidak meluap ke jalan dengan menghentikan aliran air. Diharapkan, instansi manapun yang melakukan galian diminta berkoordinasi ke PDAM. Alasannya, PDAM tahu titik-titik pipa yang dipasang sehingga terhindar dari kebocoran akibat kegiatan galian.

Direktur PDAM Karangasem, I Gusti Made Singarsi, menyayangkan pemasangan tiga tiang listrik oleh petugas PT PLN Persero Rayon Amlapura kurang koordinasi. Dampaknya, pipa PDAM pecah tertindih tiang listrik dan kesulitan melakukan perbaikan. Dikatakan, kebocoran terungkap setelah air meluap ke jalan dan laporan masyarakat. Setelah dicek ke lokasi kejadian, ternyata pipa tertindih tiang listrik PT PLN Persero yang berbahan beton. “Kalau saja dari awal ada koordinasi, kebocoran itu tidak akan terjadi. Pelayanan untuk warga Desa Padangbai jadi terganggu,” keluh Gusti Singarsi saat cek lapangan, Selasa (24/4).

Ditegaskan, siapa pun yang punya kegiatan galian mesti koordinasi dengan PDAM. Sebab PDAM tahu titik-titik pipa yang dipasang. Dikatakan, petugas PDAM melakukan perbaikan hingga menjebol tembok panyengker untuk mencari tahu titik kebocoran. “Bisa dibayangkan titik kebocorannya terjadi di bawah tembok, mesti membongkar tembok, kemudian melakukan penyambungan,” tambahnya. Mengantisipasi agar air tidak terus meluap, PDAM buat sementara menghentikan pelayanan di Desa Padangbai.

Terpisah, Manager Rayon PT PLN Persero Rayon Amlapura, I Putu Surya Atmaja, mengakui sempat melakukan pemasangan tiga tiang listrik atas pesanan warga di Desa Padangbai, Minggu (22/4) malam. Ternyata saat menancapkan tiang listrik menindih pipa milik PDAM Karangasem. “Kami telah berkoordinasi dengan PDAM. Kami telah keluarkan ganti rugi,” ungkap Putu Atmaja. Dikatakan, tidak semua pekerjaan di lapangan dikoordinasikan. Petugas juga tidak tahu di mana PDAM memiliki pipa. “Sebaiknya PDAM Karangasem memasang rambu-rambu di jalur-jalur yang ada pipa sehingga petugas PLN dengan mudah melakukan penggalian,” pintanya. *k16

Komentar