nusabali

Kapal Angkut 33.000 Ton Solar Kandas

  • www.nusabali.com-kapal-angkut-33000-ton-solar-kandas

Sebanyak 25 ABK dievakuasi ke tugboat dalam kondisi selamat. Kapal tanker tersebut kandas karena kamar mesin bocor.

AMLAPURA, NusaBali
Kapal Harmony Seven Belawan yang mengangkut 33.000 ton solar kandas di Gili Tepekong (Pulau Kambing), sekitar 400-an meter dari Objek Wisata Candidasa, Banjar Samuh, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, pada Sabtu (17/10) sekitar pukul 16.10 Wita, karena kamar mesin bocor. Sebanyak 25 orang anak buah kapal (ABK) dievakuasi ke tugboat, dalam kondisi selamat. Mesti demikian Nakhoda Kapal, Karlius, masih panik dan berupaya melakukan perbaikan kapal, agar bisa dioperasikan karena mesin kapal mati.

Kapal Harmony Seven Balawan yang bermuatan 33.000 ton solar tersebut dari Cilacap, Jawa Tengah, tujuan Bali. Namun sesampainya di Bali, batal menurunkan muatan. Bahkan rencananya kapal akan melanjutkan perjalanan ke Semarang, tetapi saat hendak berangkat kandas di Gili Tepekong.

Petugas Pospol Air Candidasa dipimpin Kasatpol Air Polres Karangasem AKP I Made Wartama bersama petugas Pos SAR Karangasem dipimpin Ida Bagus Surya Wirawan sempat ke lokasi menggunakan rubber boat, membantu mengevakuasi 25 ABK ke tugboat. 

Hingga Sabtu malam kemarin, 25 ABK bersama nakhoda berupaya membuang air laut yang masuk kapal, dalam kondisi gelap. Para ABK menolak memberikan keterangan perihal musibah itu, begitu juga nakhoda, dengan alasan sibuk mengurus kerusakan mesin kapal yang memiliki panjang 165 meter, lebar 25 meter, itu. 

Namun semakin lama kru kapal makin mengalami kesulitan melakukan perbaikan. Karena suasana semakin gelap, maka perbaikan terhenti. Sementara cuaca di perairan Candidasa kemarin hempasan gelombang cukup keras.

Selanjutnya...

Komentar