nusabali

Undiksha Seminarkan Cara Mengajar Efektif ABK

  • www.nusabali.com-undiksha-seminarkan-cara-mengajar-efektif-abk

Puluhan mahasiswa dan dosen Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Selasa (24/4), mengikuti seminar internasional cara mengajar Bahasa Inggris pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

SINGARAJA, NusaBali

Seminar diisi tiga pembicara langsung dari Australia dan Hongkong yang tergabung dalam Integrate Asia Pasific.Ketua Panitia, Prof Padmadewi ditemui di sela-sela acara, menjelaskan dalam seminar tersebut lebih menekankan pada strategi mengajar dan menangani anak-anak yang memiliki perbedaan gaya belajar (dulu disebut ABK, Red). Selama ini, di Indonesia pada umumnya kurikulum pelajaran bahasa Inggris tidak menyentuh soal itu. Padahal secara riil anak-anak semacam itu banyak dijumpai di lapangan. “Guru banyak yang tidak paham bagaimana cara menangani, bahkan mereka tidak paham mana yang namanya autistis, ADD, ADAD. Dalam seminar ini akan membekali mahasiswa dan guru mengenali bidang itu,” kata dia.

Ke depannya, lanjut dia, Undiksha sebagai penghasil guru profesional tidak lagi bengong ketika menghadapi anak yang memiliki cara belajar yang berbeda dari teman-temannya. Padahal hal tersebut terjadi bukan karena mereka nakal, melainkan masuk dalam penggolongan ABK.

Penanganan anak dalam kasus ini tidak hanya dapat diterapi di bidang akademik saja, melainkan dapat diterapi melalui prilaku sosial, gerak maupun berbicara. Ke depan pihaknya pun mengaku akan membina kerjasama dengan Integrate Asia Pasific ini, sehingga lebih banyak lagi guru, mahasiswa dna dosen yang mendapat kesempatan menambah wawasan dan ilmunya.

Wakil Rektor IV Undiksha Drs Wayan Suarnajaya MA PhD, mengatakan seminar internasional yang terkait dengan inovasi pembelajaran sangat penting untuk Undiksha. Apalagi saat ini Undiksha sebagai pencetak tenaga pendidik profesional dituntut tidak lagi melakukan kegiatan belajar mengajar secara konvensional dan cara-cara lama, namun dengan inovasi. “Dengan bekal teknik dan strategi mengajar ini ditekankan bagaimana guru bisa membuat anak didiknya yang awalnya menganggap pelajaran susah menjadi menyenangkan, dan ini adalah kesempatan yang sanagt berharga, apalagi diberikan oleh orang yang kompeten dibidangnya,” kata dia.

Pihaknya mengaku Undiksha akan membina kerjasama dengan pihak terkait, sehingga program kerjasama ini dapat terlaksana secara berkelanjutan. Mahasiswa dan dosennya juga dapat merasakan manfaat yang lebih banyak dari seminar ini. *k23

Komentar