nusabali

Komisi IV DPRD Badung Pantau UNBK SMP 1 Abiansemal

  • www.nusabali.com-komisi-iv-dprd-badung-pantau-unbk-smp-1-abiansemal

Komisi IV DPRD Badung memantau ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di SMP 1 Abiansemal, Selasa (24/4).

MANGUPURA, NusaBali
Komisi IV dipimpin Ketua Komisi AA Ngurah Ketut Agus Nadi Putra didampingi anggota Ni Luh Gede Sri Mediastuti dan I Nyoman Gede Wiradana serta Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung I Ketut Widia Astika.

Nadi Putra mengucap syukur karena pelaksanaan ujian di SMP 1 Abiansemal berjalan lancar dan tidak ada kendala. “Sejauh ini untuk di SMP 1 Abiansemal berjalan dengan baik. Jumlah komputer juga aman. Kemarin kami juga sempat ke SMP 1 Kuta Utara, kendalanya di server yang sempat lelet beberapa menit,” ujarnya.

Kendati begitu, politisi Partai Golkar itu sempat menyoroti tidak semua SMP di Badung melaksanakan UNBK. Karena masih ada 11 sekolah swasta, masih melaksanakan ujian nasional berbasis kertas pensil (UNKP).

“Kami selaku wakil rakyat mengharapkan agar ke depan, 100 persen SMP di Badung dapat mengikuti UNBK. Apalagi, Badung dikenal sebagai kabupaten terkaya di Bali,” kata politisi asal Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara. “Kalau bisa laptop yang dikasih pemerintah itu diprogram agar bisa dimanfaatkan untuk UNBK. Itu kan setiap tahun dibagikan. Kalau bisa seperti itu kan lebih efisien,” sarannya.

“Guru-guru pun mengakui kalau UNBK memang lebih efisien. Dulu pakai pensil, kalau ada yang terlalu tebal atau terlalu tipis kan tidak bisa terbaca. Sekarang semua sudah terprogram di komputer,” imbuh Nadi Putra.

Selain berharap pemerintah membantu memfasilitas supaya semua sekolah bisa melaksanakan UNBK pada tahun ajaran 2018/2019 mendatang, dewan juga mengingatkan Disdikpora agar memperhatikan hal-hal terknis seperti masalah kelistrikan. Ini demi mengantisipasi aliran listrik tiba-tiba padam. “Kita tidak tahu nanti ada gejala alam seperti pohon tumbang atau kabel yang tersangkut layangan. Kalau bisa setiap ada UNBK disewakan genset,” tegasnya.

Kepala Disdikpora Badung I Ketut Widia Astika turut mengamini harapan dewan agar semua SMP tahun depan bisa ikut UNBK. “Mudah-mudahan tahun depan semua bisa ikut UNBK. Dan kami akan bantu semaksimal mungkin,” katanya. *asa

Komentar