nusabali

Tahun 2018 Bupati Eka Target SAKIP Dapat Nilai A

  • www.nusabali.com-tahun-2018-bupati-eka-target-sakip-dapat-nilai-a

Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti mengajak seluruh jajarannya di Pemkab Tabanan untuk serius meningkatkan kualitas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

TABANAN, NusaBali
Seperti diketahui nilai AKIP Pemkab Tabanan beberapa tahun belakangan memang mengalami kenaikan, namun kenaikan tersebut tidak signifikan.Pada 2016 Pemkab Tabanan meraih predikat B dengan nilai 60,07. Di 2017 kembali mendapat predikat B dengan nilai 62,47. Tahun 2018 ini Bupati menargetkan peningkatan kualitas dan meraih predikat yang lebih baik lagi.  

Hal tersebut terungkap saat audiensi di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Selasa (24/4). Hadir pula Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Ketua DPRD Tabanan I Ketut Suryadi, dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan.

Bupati Eka mengungkapkan di 2018 target Pemkab Tabanan dalam pelaksanaan AKIP adalah predikat A, dengan nilai 84. Target tersebut akan dilakukan dengan peningkatan 5 komponen penilaian yakni perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi kinerja, dan capaian kinerja.

"Kami akan bekerja keras agar dapat mencapai target yang ditetapkan. Saya berharap kepada seluruh OPD untuk bekerja keras dan maksimal, sehingga predikat tersebut dapat kita raih. Penguatan SAKIP akan dijadikan acuan untuk perbaikan akuntabilitas kerja. Dari mulai perencanaan sampai proses penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP),” tuturnya.

“Terima kasih kepada KemenPAN-RB yang telah menyambut audiensi kami dengan baik. Saya selaku Pemerintah Kabupaten Tabanan berkomitmen untuk membangun Tabanan menjadi lebih baik khususnya dalam SAKIP ini,” imbuhnya.

Muhammad Yusuf Ateh selaku Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas dan Pengawasan KemenPAN-RB, yang menyambut Bupati Eka dan rombongan memberikan apresiasinya kepada Pemkab Tabanan dan seluruh jajarannya. Pihaknya berpesan untuk meningkatkan semangat para staf di Pemkab Tabanan. KemenPAN-RB meluncurkan aplikasi e-SAKIP Reviu sebagai sarana pembinaan pelaksanaan akuntabilitas kinerja secara interaktif dengan komunikasi dua arah antara Pemda dengan KemenPAN-RB.  Dalam audiensi tersebut juga dilakukan diskusi antara Kementerian PAN-RB dengan Pemkab Tabanan dan diakhiri dengan sesi foto bersama.  *d

Komentar