nusabali

KPU Klungkung Gelar Pagelaran Budaya Jelang Pemilu 2019

  • www.nusabali.com-kpu-klungkung-gelar-pagelaran-budaya-jelang-pemilu-2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klungkung menggelar kegiatan pagelaran seni dan budaya dalam menyongsong 1 tahun jelang Pemilu serentak 2019.

SEMARAPURA, NusaBali
Acara ini digelar di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Klungkung, Jumat (20/4).Dipimpin langsung Ketua KPU Klungkung I Made Kariada, hadir juga dalam pagelaran seni budaya ini, Pjs Bupati Klungkung Wayan Sugiada, Sekda Klungkung Gede Putu winastra, dan pihak terkait lainnya. Adapun pagelaran seni yang dipentaskan, yakni Tari Puspawresti (tari penyambutan) yang dibawakan anak-anak dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Klungkung serta tari kreasi dari SMAN 2 Semarapura dengan tarian berjudul Atma Prasangsya.

SMK Kesehatan Panca Atma Jaya dengan tarian berjudul Semprong dan yang terakhir dari SMA PGRI Dawan dengan tari kreasi berjudul Punarbhawa yang sangat menghibur para undangan. Ketua KPU Klungkung, Made Kariada mengatakan, kegiatan seperti ini adalah momentum untuk mengingatkan bahwa proses demokrasi di Indonesia akan selalu berjalan setiap 5 tahun sekali.

Dalam rangka menyongsong pra Pemilu 2019 yang jatuh pada 17 April 2019, KPU diinstruksikan untuk menggelar acara pagelaran seni dan budaya. Pihaknya juga menjelaskan kenapa acara tersebut dinamai pagelaran seni dan budaya, karena KPU berkonsep bahwa proses demokrasi dan proses berpolitik di Indonesia itu harus selalu berakulturasi dengan seni dan budaya yang ada di Indonesia.

Sehingga tema yang dipakai dalam acara ini adalah ‘Melalui pagelaran seni budaya membangun pemilih berdaulat guna menyukseskan pemilu serentak 2019’. KPU juga diberikan mandat agar setiap proses tahapan pemilu serentak harus berjalan dengan lancar dan tidak ada masalah. Selain itu, Kariada juga mengenalkan maskot KPU yang baru, yakni Sangsura (sang surat suara) dan 16 partai nasional yang telah lolos untuk mengikuti pemilu tahun 2019.

Nantinya, seluruh bendera partai politik akan dipajang di depan kantor KPU dan tempat area publik guna mensosialisasikan partai politik yang lolos verifikasi untuk mengikuti pemilu. Di akhir acara seluruh partai politik yang hadir melalui perwakilannya tampil di panggung dan menyampaikan visi misi singkat. Sehingga saat pemilu serentak masyarakat bisa pertimbangkan dalam memilih pemimpin yang mereka inginkan.

Pjs Bupati Klungkung, Wayan Sugiada mengapresiasi pagelaran seni budaya dalam menyongsong 1 tahun pemilu serentak 2019. Pada pemilu serentak tahun 2019 nanti akan memilih Presiden, DPR, DPD, dan DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota. Kegiatan tersebut diharapkan menjadi wadah sosialisasi guna mengenalkan partai politik apa saja yang sudah lolos dan akan mengikuti pemilu serentak tahun 2019. “Pemimpin yang kuat akan menjadikan Bangsa yang kuat,” tambah Sugiada. *wan

Komentar