nusabali

Disdikpora Karangasem Targetkan 3 Siswa Lolos OSN Nasional

  • www.nusabali.com-disdikpora-karangasem-targetkan-3-siswa-lolos-osn-nasional

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, melepas 9 siswa peserta OSN (Olimpiade Saint Nasional) tingkat SMP di aula Kantor Disdikpora Karangasem, Lingkungan/Kelurahan Padangkerta, Kecamatan Karangasem, Jumat (20/4).

AMLAPURA, NusaBali

Gusti Kartika targetkan tiga siswanya lolos OSN tingkat nasional. Sebab, yang lolos nanti bukan sebatas yang meraih juara tetapi yang nilainya masuk passing grade. Pelepasan siswa didampingi Kabid Pembinaan SMP, I Wayan Sarya.

Menurut Gusti Kartika, peluang Karangasem meloloskan tiga siswa ke OSN tingkat nasuonal cukup tinggi. Apalagi tahun lalu dari Karangasem mampu meraih perak pada mata pelajaran IPS yang diraih siswa SMP Negeri 1 Manggis, Ni Putu Anggi Dina Ayuning. Saat itu OSN Tingkat Nasional digelar di Pekanbaru 2-8 Juli 2017. Selain mempertahankan gelar itu, ditambah merebut gelar lagi, sehingga Karangasem mampu membuktikan layak bersaing di tingkat nasional.

Dalam OSN Tingkat Provinsi Bali, melombakan tiga mata pelajaran yakni IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), dan Matematika. Target lolos tiga siswa dari 9 siswa yang ikut OSN Provinsi jadi motivasi bagi siswa. “Kami pasang target ada dasarnya, selama sepekan melakukan pembinaan, hasilnya terus meningkat secara kualitas,” katanya. Kabid Pembinaan SMP, I Wayan Sarya, lebih optimis lagi. Sebab pada pengalaman tahun lalu, Ni Putu Anggi Dina Ayuning di OSN Tingkat Kabupaten Karangasem meraih peringkat kedua, setelah dibina intensif di kabupaten bisa lolos ke OSN Nasional dan di OSN Nasional meraih medali perak. “Kemampuan terakhir siswa dapat diketahui pada evaluasi terakhir, dari pembinaan diikuti selama sepekan. Kami berani pasang target meloloskan 6 siswa ke OSN Nasional,” jelas Wayan Sarya.

Tercatat sebanyak enam pembina optimalkan persiapan jelang OSN Tingkat Provinsi Bali. Keenam pembina itu I Komang Gede Sudarsana dan I Wayan Widnyana (Matematika), I Wayan Suriasa dan I Putu Setia Budi (IPA), serta I Ketut Sarjana dan I Dewa Gede Prananta (IPA). Hadir juga dua pengawas SMP melakukan pemantauan selama pembinaan yakni Ida Bagus Nyoman Japa dan I Ketut Latri. Siswa yang dibina Ni Luh Happy Nirmala, Moh Rezzy Al-Zamzami, dan I Kadek Erian (Matematika). I Gusti Ayu Rini Prahesti, I Gede Berata, dan Ni Nyoman Ayu Sumari Antini (IPA). Serta Nyoman Adhi Tri Indranatha, I Gusti Agung Mas Jyothi Antara, dan Ni Putu Citra Yanti (IPS). *k16

Komentar