nusabali

Disdikpora Badung Distribusikan Soal UNKP

  • www.nusabali.com-disdikpora-badung-distribusikan-soal-unkp

Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung, mulai mendistribusikan soal Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) tingkat SMP ke sejumlah sekolah swasta yang ada di Badung, Jumat (20/4) siang.

MANGUPURA, NusaBali
Dari catatan Disdikpora Badung, sekolah yang mengikuti UNKP sebanyak 11 sekolah dari total 60 sekolah. Sementara sisanya yakni 49 mengikuti UNBK.Pendistribusian soal sendiri mendapat pengawalan dari jajaran aparat kepolisian, pihak Disdikpora Provinsi Bali, perwakilan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Badung, para kepala sekolah yang sekolahnya menyelenggarakan UNKP.

“Soal UNKP tadi tiba pukul 07.30 Wita di kantor. Setelah dilakukan pemilihan, lalu soal kami distribusikan langsung. Tapi untuk sementara soal kami titipkan di sub rayon terdekat dari sekolah, hari H boleh diambil,” terang Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikpora Badung I Made Mandi.

Untuk memastikan keamanan soal, katanya lebih lanjut, pihak sub rayon juga bekerjasama dengan Babinkamtibmas masing-masing wilayah.

Tahun ini, aku Mandi, siswa yang mengikuti UNKP maupun UNBK di Badung sebanyak 10.192. Sebanyak 7.363 berasal dari sekolah negeri dan sisanya 2.829 adalah berasal dari sekolah swasta. “Pelaksanaan ujiannya yakni pada 23-26 April 2018,” ungkapnya.

Disinggung mengenai waktu pelaksanaan ujian, Mandi menerangkan ada perbedaan antara sekolah yang menyelenggarakan UNKP dan UNBK. “Kalau yang ikut UNBK waktunya mulai pukul 08.00 Wita, dan ada tiga yang melaksanakan tiga sesi. Sementara untuk yang melaksanakan UNKP itu serentak mulai pukul 10.30 Wita,” terang Mandi.

Mengenai mata pelajaran yang diujikan tidak jauh berbeda, yakni hari pertama Bahasa Indonesia. Hari berikutnya Matematika, lanjut hari berikutnya lagi Bahasa Inggris, dan hari terakhir IPA.Mandi menegaskan seluruh sekolah di Badung siap melaksanakan ujian, baik UNBK/UNKP. “Semua sudah siap tidak ada masalah,” tegasnya sembari berharap pelaksanaan ujian berjalan lancar. *asa

Komentar