nusabali

Demokrat Ngotot AHY Harus Maju Pilpres

  • www.nusabali.com-demokrat-ngotot-ahy-harus-maju-pilpres

AHY belum diputuskan posisinya untuk Pilpres 2019, apakah sebagai capres atau cawapres, yang pasti seluruh kader ingin AHY maju ke pilpres.

SBY Masih Terus Galang Poros Ketiga Pilpres

JAKARTA, NusaBali
Partai Demokrat (PD) bicara tentang sikap mereka untuk Pilpres 2019. Sampai saat ini, PD sama sekali belum melabuhkan dukungan ke poros tertentu. Menjelang Pilpres 2019, dua kutub bisa dikatakan telah terbentuk. PDIP, Golkar, PPP, NasDem, dan Hanura mengusung dan memberikan tiket Pilpres kepada Joko Widodo (Jokowi). Prabowo Subianto didorong maju oleh partainya, Gerindra, sebagai calon presiden, tapi belum punya tiket meskipun PKS, selaku sekutu, mengaku sudah 90 persen bersama Gerindra mengusung Prabowo. Bagaimana dengan Demokrat?

"Yang jelas, memang PD menginginkan agar AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) itu sebagai the rising star sekarang ini, itu akan kita calonkan sebagai capres atau cawapres," kata Waketum PD, Syarief Hasan kepada wartawan, Jumat (20/4). AHY, cagub gagal di Pilgub DKI 2017, saat ini merupakan Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pemilu PD. AHY memang didorong sepenuhnya oleh kader partai berlambang mirip logo Mercy itu tampil di surat suara Pilpres 2019.

Meski demikian, Syarief mengatakan AHY belum diputuskan posisinya untuk Pilpres 2019: apakah sebagai capres atau cawapres. Yang pasti, kata dia, seluruh kader besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menginginkan AHY maju ke pilpres.

"Hampir semua kader PD menginginkan itu," ucap Syarief. PD, untuk Pilpres 2019, sangat mengupayakan pembentukan poros baru. Terbaru, Syarief menyebut SBY akan segera melakukan pertemuan dengan Presiden PKS Sohibul Iman akhir bulan ini untuk membicarakan kemungkinan itu. "Memang akan ada pertemuan. Itu bentuknya komunikasi. Komunikasi kan semua partai kan harus kita komunikasikan dengan baik," ucap dia. Terkait pertemuan ini, Presiden PKS, Sohibul Iman menyebut rencana pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk membicarakan kemungkinan poros ketiga pada Pilpres 2019. 

"Bicara ngomongin tentu masalah bangsa, di antaranya tentu adalah berbicara tentang pilpres. Nah di situ memang kemudian disampaikan Pak Syarief Hasan, 'Kami ingin berdiskusi meneropong kemungkinan munculnya poros ketiga,' kata beliau," ujar Sohibul di kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat kemarin.

Sementara terkait Survei Cyrus Network yang menempatkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres yang paling disukai publik untuk mendampingi Joko Widodo (Jokowi) belum juga membuat Demokrat bersikap. 

"Partai Demokrat bersyukur tentunya bahwa elektabilitas salah satu kader terbaik kami, AHY untuk menjadi cawapres adalah elektabilitas yang tertinggi di antara calon-calon lainnya," ujar Ketua Divisi Komunikasi Publik PD, Imelda Sari, Jumat kemarin. 

Lalu, apakah PD akan berkoalisi dengan Jokowi dan menjadikan AHY sebagai cawapres? Imelda menyebut PD sama sekali belum menentukan sikap. "Hingga saat ini posisi Demokrat dalam Pilpres belum ditetapkan secara resmi karena kami masih berkonsentrasi untuk konsolidasi dan pemenangan Pilkada 2018," ucapnya dilansir detik.com.

"Meski demikian Komunikasi dilakukan secara intens dengan semua parpol oleh para petinggi partai untuk bisa memenuhi PT 20% sebagai syarat minimal dari pengajuan capres dan cawapres pada Agustus 2018 ini," imbuh Imelda. *

Komentar