nusabali

Wisata Selfie Puncak Wanagiri Dibongkar

  • www.nusabali.com-wisata-selfie-puncak-wanagiri-dibongkar

Penataan Hanya Sisakan Empat Spot

SINGARAJA, NusaBali
Penataan kawasan puncak Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Buleleng yang selama ini dimanfaatkan sebagai tempat selfie yang semakin menjamur mulai dibongkar. Dari hasil kesepakatan warga setempat dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) hanya disisakan empat dari tujuh titik yang ada sebelumnya. Pembongkaran tiga titik wisata selfie itu pun dilakukan secara bertahap hingga akhir Maret lalu.

Kepala Seksi Wilayah I, BKSDA Bali, Made Mastra dihubungi Kamis (19/4) kemarin mengatakan pembongkaran dilakukan secara swadaya oleh masyarakat yang mendirikannya. Penataan tempat selfie yang berdiri di kawasan konservasi terpaksa dilakukan karena semakin menjamur dan dinilai sering menghambat arus lalu-lintas saat puncak liburan.

“Sudah dibongkar, dan sekarang menyisakan empat saja, sesuai kesepakatan satu Banjar Adat satu tempat selfie,” kata dia. Selanjutnya saat ini empat titik wisata selfie yang dikelola oleh banjar adat sedang mengajukan proposal pemanfaatan kepada BKSDA Bali. Selanjutnya proposal itu akan diteruskan ke pemerintah pusat untuk mendapat persetujuan.

Mastra pun menjelaskan pengajuan permohonan pemanfaatan kawasan konservasi itu untuk mendapatkan dasar hukum yang kuat pemanfaatan kawasan konservasi. Masyarakat bekerjasama dengan BKSDA ke depannya dapat mengelola tempat wisata tersebut secara legal, sesuai dengan Permenhut Nomor 85 Tahun 2014.

Izin pemanfaatan kawasan itu disebutnya masih dalam tahap penggodokan, terutama menentukan berapa luas wilayah yang boleh dimanfaatkan.

Pihaknya menekankan setelah mendapatkan izin pemanfaatan masyarakat diharapkan tetap memberikan dukungan dan upaya pelestarian. Ia juga mengaku akan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Buleleng dalam hal pengawasan dari segi estetika dan keamanan tempat wisata tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, Nyoman Sutrisna mengaku selama ini sudah melakukan pengawasan tempat wisata selfie. Terutama pembinaan SDM dari sgi kelestarian lingkungan, keamanan dan juga kebersihan.

Secara rutin tim pengawasan DTWnya pun turun ke lapangan mengecek keamanan secara berkala. “Utamanya bagi wisata selfie yang menggunakan ketinggian, kami cek betul bahannya apa, strukturnya bagaimana sehingga memang benar-benar kuat dan aman untuk wisatawan,” kata dia.

Sedangkan mengenai tempat wisata selfie di Buleleng memang saat ini sedang ngetren. Total ada belasan wisata selfie yang tersebar di sembilan kecamatan. Buleleng sebagai daerah dengan geografi berbukit sangat mendukung pengembangan wisata melalui tempat selfie, yang menawarkan keindahan alam.

Salah satu yang terbaru dan sedang viral di media sosial adalah wisata selfie Wanagiri Tower Garden. Tempat selfi yang diprakarsai oleh kelompok WTG pimpinan Gede Andi Sucipta menawarkan keindahan kebun bunga beraneka warna. Selain dihiasi dengan taman yang sangat apik juga disediakan tujuh tempat selfie di lahan pribadi dengan berbagai bentuk. Mulai dari tiruan menara Eiffel dengan bambu, bulan sabit dan ornamen lainnya. *k23

Komentar