nusabali

Pensiunan Tentara Aussie Ditemukan Membusuk

  • www.nusabali.com-pensiunan-tentara-aussie-ditemukan-membusuk

Jenazah Peter Grant membusuk di kamar rumahnya di Desa Candikuning, Baturiti, Tabanan, pertama kali diketahui oleh putrinya.

TABANAN, NusaBali

Seorang warga Australia, Peter Grant, 75, ditemukan membusuk di tempat tinggalnya di Banjar Bukit Catu, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Selasa (17/4) sekitar pukul 11.00 Wita. Kondisi jenazah Peter Grant sudah tidak bisa dikenali. Belum jelas kapan dan penyebab pensiunan tentara Australia ini meninggal. Namun dugaan kuat dia meninggal karena sakit.

Informasi yang dihimpun peristiwa ini pertama kali diketahui oleh anak korban, Alvin Novita Putri, 18, yang hendak menengok ayahnya karena sudah lama tidak bertemu. Saat itu Novita Putri yang tinggal di Dusun Krajan Wetan, Desa Wonosobo, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mengajak keluarganya Rofiki Hidayat ke Baturiti. Informasinya, Peter Grant sudah bercerai dengan ibunya Novita Putri.

Setibanya di rumah ayahnya, Novita Putri mencium bau busuk yang sangat menyengat dan banyak lalat. Tetapi Novita Putri tidak langsung masuk ke kamar Peter Grant yang mempunyai paspor dengan nomor E1032856 tersebut. Novita Putri melihat dari jendela kamar dan hanya terlihat kaki Peter Grant yang sudah berwarna cokelat.

Merasa curiga dan takut, akhirnya saksi Rofiki menghubungi keluarganya Soliki yang merupakan adik istri korban (adik ipar Peter Grant) yang tinggal di Denpasar. Sesampainya Soliki di rumah Peter Grant dan masuk ke kamarnya, didapati Peter Grant sudah terbujur kaku dengan kondisi mayatnya tak bisa dikenali dan menebarkan bau busuk. Lantas mereka pun melaporkan peristiwa ini ke Polsek Baturiti.

Kapolsek Baturiti Kompol I Nyoman Sumadi, mengatakan berdasarkan hasil olah TKP, warga Aussie itu diperkirakan sudah sepekan meninggal. Karena kondisi jenazah sudah tidak bisa dikenali. Terkait penyebab kematian, diduga karena sakit. Yang bersangkutan tinggal sendiri di Candikuning dan rumah dalam keadaan terkunci. "Mungkin selama sakit tidak ada yang mengurusi, karena tinggal sendiri dan juga sudah lansia,” ungkapnya.

Dikatakan Kompol Sumadi, awal mula korban diketahui membusuk karena Novita Putri anak korban yang tinggal di Banyuwangi sempat menelepon Peter Grant berulang kali tetapi tidak ada respons. Merasa curiga anaknya ini menengok ke Candikuning. “Tak disangka ditemukan sudah membusuk di dalam kamar,” imbuhnya.

Saat ini jenazah Peter Grant dititipkan di BRSUD Tabanan untuk dilakukan otopsi. “Jenazah sore harinya dibawa ke BRSUD Tabanan,” ucap Kompol Sumadi.

Sementara itu, Kelian Dinas Banjar Bukit Catu I Wayan Sarma ketika dikonfirmasi mengatakan, warga Aussie tersebut dari tahun 2013 tinggal di Banjar Bukit Catu dan memiliki rumah sendiri. Yang bersangkutan dikenal ramah dan mau berbaur dengan warga sekitar. “Dia (Peter Grant) memang tinggal sendiri, tidak ada yang menemani,” jelasnya.

Untuk status Peter Grant di Banjar Bukit Catu merupakan warga yang tinggal sementara. Terkait keberadaan Peter Grant, seluruh warga Bukit Catu mengetahui. Namun memang sejak beberapa bulan sebelumnya tidak kelihatan keluar rumah. “Saya mengetahui info ini sore ketika polisi menginformasikan ke rumah. Penyebab kematian saya tidak mengetahui,” imbuhnya. *d

Komentar