nusabali

Api Kompor Bakar 3 Kios di Celuk

  • www.nusabali.com-api-kompor-bakar-3-kios-di-celuk

Enam unit mobil Damkar tiba di lokasi kejadian, secara bergiliran menyemprot api yang terus membesar.

GIANYAR, NusaBali

Musibah kebakaran menghanguskan tiga unit kios di Jalan Raya Celuk, Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Selasa (17/4) sekitar pukul 09.00 Wita. Diduga, api bersumber dari salah satu Kios/Warung Capcay milik I Kadek Okayana,43. Pemilik warung, Okayana diketahui meninggalkan warungnya sekitar pukul 06.00 Wita dengan kondisi kompor masih menyala.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Kkerugian material diperkirakan Rp 150 juta. Menurut saksi mata, I Made Warta, tiga kios ini dibangun berjejer. Kios pertama menjual nasi padang, kios kedua kosong dan kios ketiga menjual capcay. “Api dari kios capcay,” ujarnya.

Warga setempat yang melihat kejadian itu tidak bisa berbuat banyak. Warga dan pedagang hanya bisa membantu seadanya mengambilkan air dari ember. Air seadanya diambil untuk memadamkan api. Tak berselang lama, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Gianyar turun tangan untuk menjinakkan api. Enam unit mobil Damkar tiba di lokasi kejadian, secara bergiliran menyemprot api yang terus membesar. Selama hampir satu jam berkutat dengan api, pukul 10.30 Wita, api bisa dipadamkan petugas.Atas kejadian tersebut, seluruh barang dagangan ludes dilalap api.

Informasi di lokasi, pemilik warung Capcay Okayana, sekitar pukul 06.00 Wita, masuk warung hendak bersih-bersih dan memasak. Saat itu, dia baru datang dari membeli bahan-bahan dagangan di Pasar Sukawati. Nah, Okayana pun diduga lupa mematikan kompor saat hendak pulang untuk mandi. Terang saja, kompor terus menyala hingga menghanguskan alat-alat masak hingga api merembet ke barang-barang yang mudah terbakar.

Menurut keterangan korban, Ihsan yang pemilik warung Padang, saat itu dia sedang memasak sekitar pukul 09.10 Wita. Dia melihat kepulan asap datang dari warung capcay milik Okayana, di sebelahnya. Selanjutnya Ihsan minta pertolongan kepada pemilik kios I Made Warja, pemilik kios di sebelahnya. Berselang lima menit kemudian, api sudah membesar dan merembet ke warung sebelah. Pemilik warung padang pun panik hingga minta tolong kepada warga dan petugas Pemadam Kebakaran Pemkab Gianyar. Tak lama kemudian mobil Pemadam Kebakaran Pemkab Gianyar tiba ke TKP, langsung memadamkan api.

Kapolsek Sukawati Kompol Putu Pande Sugiarta membenarkan musibah kebakaran tersebut. Atas kejadian itu, polisi sudah minta keterangan sejumlah saksi. Diperkirakan, kebakaran tersebut karena kelelaian korban I Kadek Okayana, meninggalkan warung saat kompor masih menyala. *nvi

Komentar