nusabali

Pasek Pastikan Bertarung ke DPR RI

  • www.nusabali.com-pasek-pastikan-bertarung-ke-dpr-ri

Selain Pasek Suardika, Hanura juga siapkan Lolak Arimbawa, Nengah Wiratha, Made Sudarta maju ke DPR RI Dapil Bali

Lolak Belum Tentukan Pilihan Tarung ke DPR atau DPD RI


JAKARTA, NusaBali
Anggota DPD RI Dapil Bali 2014-2019, Gede Pasek Suardika, banting haluan maju tarung ke DPR RI Dapil Bali dalam Pileg 2019 mendatang. Mantan anggota Fraksi Demokrat DPR RI Dapi Bali 2009-2014 ini akan naik kendaraan partai barunya, Hanura.

Kepada NusaBali di Jakarta, Selasa (17/4), Pasek Suardika menegaskan dirinya sudah ditunjuk menjadi Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Hanura, sebulan lalu. Dengan penunjukan sebagai Ketua Bappilu DPP Hanura, otomatis politisi asal Singaraja, Buleleng ini punya tanggung jawab moral untuk maju tarung ke DPR RI.

"Jadi, nggak mungkin Ketua Bappilu DPP Hanura tidak mencalonkan diri. Saya akan maju ke DPR RI dalam Pileg 2019 mendatang,” ujar Pasek Suardika seraya mengakui pelantikannya sebagai Ketua Bappilu DPP Hanura akan dilakukan dalam Rakernas di Riau, awal Mei 2018 nanti.

Pasek mengatakan, posisi sebagai Ketua Bappilu DPP Hanura merupakan sebuah kepercayaan bagi politisi dari Bali. Pasalnya, jabatan Ketua Bappilu sangatlah strategis. Lembaga inilah yang memegang peranan penting ketika Pemilu berlangsung. Pasek merasa terhormat mendapat amanah tersebut. Apalagi, dirinya berasal dari Bali yang secara geopolitik, jumlah pemilihnya kecil.

Selain menjabat Ketua Bappilu, Pasek juga menduduki kursi Wakil Ketua Umum DPP Hanura. Pasek pun menjadi satu-satunya politisi dari Bali yang menempati posisi prestisius tersebut di tingkat pusat. Pasek tidak ingin menyia-nyiakannya, sehingga dia siap all out memenangkan Hanura dalam Pileg 2019 nanti.

Menurut Pasek, selain karena jabatan sebagai Ketua Bappilu DPP Hanura, dirinya putuskan maju ke DPR RI Dapil Bali dalam Pileg 2019 mendatang lantaran banyak aspirasi masyarakat yang mengingkannya agar kembali ke jalur tersebut. Apalagi, Pasek sempat berkiprah di DPR RI 2009-2014 melalui Demokrat. Kala itu, kiprahnya sangat menonjol karena sempat diberi kepercayaan sebagai Ketua Komisi III DPR RI (membidangi masalah hukum).

Sekadar dicatat, dalam Pileg 2009, Demokrat meloloskan dua calegnya ke kursi DPR RI Dapil Bali. Dua kursi tersebut direngkuh Jero Wacik dan Wayan Sugiana. Sedangkan Pasek Suardika menduduki peringkat ketiga suara terbanyak Dapil Bali di internal caleg Demokrat. Pasek kemudian dapat tiket ke DPR RI dengan status PAW (pengganti antar waktu), menggantikan Jero Wacik yang diangkat kembali oleh Presiden SBY sebagai Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar).

Sedangkan dalam Pileg 2014, Pasek maju tarung ke DPD RI Dapil Bali. Dengan mengantongi 132.887 suara, Pasek berhasil lolos ke Senayan bersama Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna (peraih suara terbanyak yakni 178.934 suara), Kadek Lolak Arimbawa (161.607 suara), dan AA Ngurah Oka Ratmadi alias Cok Rat (politisi gaek PDIP mantan Ketua DPRD Bali 2009-2014 yang meraih 150.288 suara).

Menurut Pasek, ada sejumlah nama yang dicalonkan maju ke DPR RI dari Hanura Dapil Bali dalam Pileg 2019. Mereka, antara lain, Kadek Lolak Arimbawa (anggota DPD RI Dapil Bali 2009-2014 dan 2014-2019 yang kini fungsionatis DPP Hanura), Nengah Wiratha (anggota DPD RI Dapil Bali 2009-2014 yang kini Ketua Bappilu DPD Hanura Bali), hingga Ketua DPD Hanura Bali Made Sudarta.

Pasek optimistis deretan nama-nama tersebut akan mampu membuat Hanura lolos ke Senayan. "Saya yakin Hanura mendapat 2 kursi DPR RI dari Dapil Bali. Sebab, Hanura di Bali cukup kuat dan selama ini masyarakat Bali sangat antusias dengan Hanura," tandas Pasek.

Sementara itu, Kadek Lolak Arimbawa, anggota DPD RI Dapil Bali yang kini menjabat Korwil Bali DPP Hanura, hingga saat ini belum memastikan arah politiknya dalam Pileg 2019. Senator asal Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung ini belum memutuskan apakah akan maju tarung lagi sebagai anggota DPD RI Dapil Bali (periode ketiga) atau caleg DPR RI dari Hanura Dapil Bali.

Menurut Lolak Arimbawa, keputusan baru akan diambil, Rabu (18/4) ini, setelah rapat dengan pihak-pihak terkait. Walau begitu, Lolak menyatakan siap maju ke  DPR RI atau DPD RI. "Kalau partai menugaskan saya ke DPR RI, saya ikut perintah partai. Jika nanti maju ke DPD RI lagi, saya juga siap tarung," tegas Lolak yang dikonfirmasi NusaBali di Jakarta, Selasa kemarin.

Lolak menjelaskan, ketika pemaparan syarat sebagai calon anggota DPD RI Dapil Bali, dia sudah mengirimkan LO (penghubung) ke KPU Bali. Lolak juga mengakui saat ini dirinya sudah berhasil menggalang 5.000 KTP dukungan, jauh melampaui syarat minimal 2.000 KTP dukungan untuk maju tarung ke DPD RI Dapil Bali. “KTP dukungan itu berasal dari 9 kabupaten/kota se-Bali,” tandas suami dari penyanyi Pop Bali Ni Kadek Suastini alias Dek Ulik ini.

Lolak memperkirakan KTP dukungannya akan terus bertambah sampai penutupan akhir nanti. Menurut Lolak, tidaklah sulit mengumpulkan KTP dukungan, karena dia sudah dua kali periode menjadi Senator, sehingga mengetahui titik-titik mana saja basis dukungannya. Dukungan terbesar disebutnya dari Kabupaten Klungkung dan Bangli.

Lolak juga telah rancang strategi bila kelak maju ke DPD RI Dapil Bali, dengan turun ke bawah menyapa konstituen dan gencar sosialisasi. “Jadi, intinya saya sudah siap jika kelak maju ke DPD RI atau DPR RI. Namun, keputusannya baru besok (hari ini)," tegas politisi yang lebih dikenal sebagai pelawak ini. *k22

Komentar