nusabali

Jokowi Top 50 Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia

  • www.nusabali.com-jokowi-top-50-tokoh-muslim-berpengaruh-dunia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali masuk ke daftar 500 tokoh muslim berpengaruh di dunia.

JAKARTA, NusaBali
Jokowi berada di deretan 'Top 50' dalam daftar yang dirilis The Muslim 500 tersebut. Selain Jokowi, ada tiga tokoh muslim Indonesia yang turut masuk dalam daftar tersebut.

Penyelenggara daftar tokoh muslim berpengaruh di dunia dilakukan oleh The Royal Islamic Strategic Studies Centre yang berkedudukan di Amman, Jordania. Mereka melakukan riset yang diabungkan dengan opini publik dan pendapat para ahli dalam menentukan tokoh yang masuk dalam daftar tersebut.

Ada 13 kategori individu muslim yang diseleksi dari berbagai bidang yakni ilmiah, politik, administrasi urusan agama, pengkhotbah, filantropi, isu sosial, bisnis, IPTEK, seni dan budaya, penuturan Alquran, media, selebriti dan olahrga serta ekstrimis.

Dari Indonesia ada empat tokoh yang masuk ke daftar muslim berpengaruh di dunia, yakni Presiden Jokowi, Ketum PBNU Said Aqil Siradj, Habib Luthfi bin Yahya dan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin. Jokowi berada di peringkat 16 dalam daftar tersebut. The Muslim 500 menulis sekilas sosok Jokowi dalam rilis daftar tersebut.

"Jokowi adalah pemimpin yang populis saat ini. Dia bukan berasal dari tokoh keagamaan, golongan orang kaya ataupun militer. Presiden Jokowi dikenal sebagai tokoh yang sering blusukan. Dikenal mengunjungi dan mendengar langsung aspirasi dan kritik dari masyarakat. Hal ini menjadi fokusnya untuk membangun hubungan dengan masyarakat," tulis The Muslim 500, Senin (16/4) dilansir detik.com. Sementara Said Aqil berada di peringkat 22 dan Habib Luhtfi di posisi 41. Kemudian Din Syamsuddin masuk ke dalam daftar Honourable Mentions. *

Komentar