nusabali

Tiga Siswa SDN 7 Kediri Akan Menari di Jepang

  • www.nusabali.com-tiga-siswa-sdn-7-kediri-akan-menari-di-jepang

Tiga orang siswa SDN 7 Kediri, Kecamatan Kediri, Tabanan, akan diberangkatkan ke Jepang pada 2 Oktober mendatang.

TABANAN, NusaBali
Tiga bocah SD ini mewakili Tabanan dalam ajang pertukaran seni dan budaya di negeri Sakura. Ketiga siswa kelas itu masing-masing I Gusti Kade Guna Hadi Wicaksana, 12, Stepanus Gildo Cortereal, 12, dan Kezia Asa Prashanty, 11. Selama di Jepang mereka akan didampingi salah satu guru yaitu Ni Ketut Sartini.

Kepala SD Negeri 7 Kediri, Ni Ketut Adi Marwati, mengatakan langsung ditunjuk dari Provinsi untuk mewakili Tabanan dalam acara pertukaran pelajar seni dan budaya di Kanaya. “Kami ditunjuk langsung tanpa ada seleksinya. Kami mengirimkan 3 anak siswa yang memang berprestasi akademik maupun non akademik,” katanya, Senin (21/9).

Dikatakan, 3 anak ini bergabung dengan siswa lainnya yang berasal dari masing-masing kabupaten dan kota di Bali. “Jumlahnya semua ada 27 siswa dari Bali, masing-masing mengajak guru pendamping,” ujarnya. Mereka nantinya akan berangkat ke Jepang dari tanggal 2 Oktober hingga 7 Oktober mendatang. Di Jepang mereka akan menampilkan tarian Bali. Ada tiga tarian yang akan ditampilkan yakni Tari Sekar Jagat, Gopala, dan Condong. Setiap hari mereka melakukan persiapan latihan dengan dilatih langsung dari Provinsi.

Di Jepang, para siswa ini selain menampilkan seni dan budaya Bali, juga diajak berkunjung ke sekolah, serta bermain ke rumah penduduk untuk melihat kebudayaan Kanaya. “Kami dari sekolah sangat bangga karena ditunjuk mewakili Tabanan, harapannya siswa bisa mengetahui seni dan budaya di luar selain di Bali. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini membuat siswa lebih termotivasi untuk mencintai budayanya,” harap Adi Marwati.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, I Putu Santika, menyambut positif kegiatan seperti ini. “Menurut saya ini suatu program yang sangat positif sehingga para siswa biasa saling mengenal budaya dari masing-masing negara dan bisa mengamalkan nilai-nilai yang bagus lainnya,” ujarnya. Ketiga siswa yang akan dikirim ke Jepang, mengaku sangat senang mendapat kesempatan ke luar negeri untuk menampilkan seni dan budaya Bali. 

Disana mereka akan mengunjungi, Kanaya, Futsu-Shi di Perfektur Chiba untuk melakukan pertukaran seni budaya. “Senang, karena bisa ditunjuk mewakili sekolah ke Jepang. Tidak pernah dibayangkan sebelumnya saya akan tampil menari di Jepang,” kata Guna Hadi Wicaksana. Mereka rutin latihan agar bisa tampil maksimal di Jepang nanti. 

Komentar