nusabali

Airlangga Sebut Partai Biru Akan ke Jokowi

  • www.nusabali.com-airlangga-sebut-partai-biru-akan-ke-jokowi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyebut partai politik berwarna biru akan segera menyatakan dukungan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019.

JAKARTA, NusaBali
Hal ini disampaikan Airlangga menanggapi Ketua Umum PPP, Muhammad Romahurmuziy, yang menyebut ada dua partai politik yang segera menyatakan dukungan ke Jokowi dalam bulan ini. Airlangga membenarkan pernyataan pria yang akrab disapa Romy itu.

"Kan kita sudah tahu siapa yang mau bergabung," kata Airlangga kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/4). Saat ditanya dua partai apa yang dimaksud, Airlangga mengunci mulutnya rapat-rapat. Ia justru meminta wartawan untuk menanyakan langsung kepada Romy. Namun, saat ditanya warna partai yang akan menyatakan dukungan ke Jokowi itu, Airlangga akhirnya mau buka suara. Menteri Perindustrian itu lantas menunjuk baju batik berwarna biru yang ia kenakan.

"Warnanya ya, baju saya warna apa," kata Airlangga. Airlangga mengatakan, semakin banyak parpol yang mendukung Jokowi pada Pilpres 2019, maka akan semakin baik. Ia juga meyakini bahwa Jokowi tidak akan menjadi calon tunggal meskipun ada tambahan partai yang merapat ke Jokowi. "Ya adalah lawan," kata dia dilansir kompas.com.

Saat ini, sudah ada lima parpol di parlemen yang menyatakan dukungannya kepada Jokowi, yakni PDI-P, Partai Golkar, Partai Nasdem, PPP, dan Partai Hanura. Lima partai yang belum menyatakan dukungan atau mendeklarasikan capres adalah Partai Gerindra, Partai Demokrat, PKB, PKS dan PAN. Adapun partai yang atributnya identik dengan warna biru adalah Partai Demokrat. Romy juga sebelumnya merasa bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah memberikan sinyal kuat mengusung Presiden Joko Widodo pada Pemilu Presiden 2019. Sinyal itu ditangkap Romy saat berbincang dengan SBY saat kampanye Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak di Jombang, Jawa Timur.

Namun, Kepala Divisi Advokasi dan Hukum DPP Demokrat Ferdinand Hutahaean membantah partainya akan menyatakan dukungan kepada Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019 dalam waktu dekat. "Tidak benar Demokrat akan menyatakan dukungan kepada Jokowi bulan ini maupun bulan depan," kata Ferdinand saat dihubungi, Sabtu (7/4). *

Komentar