nusabali

Harik Mantapkan 'Bantingan' di Yogya

  • www.nusabali.com-harik-mantapkan-bantingan-di-yogya

Bantingan dan guntingan Harik pun dinilai semakin mantap. Usai berhadapan dengan dua pesilat UNY, ada evaluasi dari pelatih.

JAKARTA, NusaBali
Pesilat pelatnas Asian Games 2018, termasuk pesilat Bali Komang Harik Adi Putra mendapat kesempatan sparring dengan pesilat Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada Kamis (5/4). Harik mendapat jatah sparring bersama dua pesilat UNY di kelas laga E. Menurutnya, sparring tersebut sangat bagus untuk mengolah berbagai teknik bantingan dan guntingan, serta persiapan mental diri lebih baik.

"Karena kami dapat mengetahui sejauh mana kemampuan kami selama berlatih di pelatnas," ujar Harik, Senin (9/4).Harik menjelaskan, format sparring tidak seperti pertandingan. Pasalnya, mereka menggunakan ajang tersebut sebagai uji kemampuan. Apakah selama ini yang telah diberikan pelatih telah mereka lakukan dengan baik sehingga tidak mencari menang atau kalah.

Peraih perunggu SEA Games 2017 ini pun mampu memanfaatkan kesempatan itu untuk menerapkan apa yang telah diajarkan pelatih, meski ia belum pernah bertemu dengan dua pesilat tersebut. "Astungkara, apa yang telah diberikan oleh pelatih selama latihan bisa saya lakukan dan kerjakan dengan baik ketika sparring dengan pesilat UNY," papar Harik.

Bantingan dan guntingan Harik pun semakin mantap. Usai berhadapan dengan dua pesilat itu, kata Harik, ada evaluasi dari pelatih. Evaluasi meliputi kekurangan yang perlu di perbaiki. Selanjutnya ia kembali sparring lagi dengan dua pesilat tersebut.

"Masukan pelatih, teknik saya harus lebih dipertajam. Kemudian mental harus lebih percaya diri lagi ketika berhadapan dengan lawan," jelas Harik.Harik bersyukur dapat melalui sparring dengan baik serta menerapkan instruksi pelatih. Tak ketinggalan ia menguasai lapangan sehingga semakin menambah kepercayaan dirinya ketika kelak turun di pertandingan sesungguhnya.

"Saat ini, kami tinggal mempersiapkan diri menghadapi Belgia Open yang berlangsung pada Mei mendatang," kata pesilat dari perguruan Bakti Negara ini.Sparring di Yogya sendiri dilakukan pesilat Pelatnas hanya satu hari. Mereka berangkat pagi hari, selanjutnya siang hari menjalani sparring. "Acaranya mulai pukul 14.00 WIB, selanjutnya kami pulang sore hari ke Solo untuk berlatih kembali,:" kata Harik. *k22

Komentar