nusabali

Daftar SBMPTN, Penting Pahami Aturan Ini!

  • www.nusabali.com-daftar-sbmptn-penting-pahami-aturan-ini

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018 resmi dibuka kemarin.

JAKARTA, NusaBali
Calon mahasiswa sudah bisa melakukan pendaftaran, namun sebelum melakukan pendaftaran, penting dipahami mengenai alur dan aturan pendaftaran.

Rektor Unair Prof. Moh. Nasih menyampaikan bahwa SBMPTN tahun ini dilakukan dengan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Untuk SBMPTN yang UTBC bisa mulai melakukan pendaftaran mulai kemarin, sedangkan, SBMPTN dengan UTBK baru akan dibuka pada 18 April mendatang. Mengenai perbedaan jadwal pendaftaran itu, Prof. Nasih mengungkapkan bahwa hal tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta yang masih menunggu pengumuman SNMPTN.

“Jadi biar adil. Karena pengumuman SNMPTN akan keluar pada tanggal 17 April mendatang,” tutur Nasih seperti dilansir dari laman Unair, Jumat (6/4).Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) itu berharap agar siswa lulusan tahun 2016 dan 2017 bisa memaksimalkan waktu pendaftaran UTBC yang sudah dibuka mulai 5 April hingga 27 April 2018. Hal itu, tambah dia, untuk mengantispasi membludaknya pendaftar pada akhir-akhir waktu pendaftaran.

“Meski waktunya masih panjang, saya harap bagi lulusan 2016 dan 2017 bisa mendaftar mulai sekarang. Agar kami dari panitia bisa memprediksi jumlah peserta yang akan tes di Panlok 50 Surabaya,” tambah Prof. Nasih.

Sementara untuk Panlok 50 Surabaya, sambung dia, peserta yang akan mengikuti seleksi di area Panlok 50 berkisar di angka 30 ribu. “Dan, seperti biasanya, peserta yang memilih soshum akan kami tempatkan di kampus Unesa, campuran di ITS, dan Unair sendiri akan ditempati peserta saintek,” pungkasnya. *

Komentar