nusabali

Jelang 2019, PDIP-Golkar Makin Mesra

  • www.nusabali.com-jelang-2019-pdip-golkar-makin-mesra

Hubungan antar parpol koalisi pendukung Jokowi kini makin mesra, terutama antara PDIP dan Partai Golkar.

JAKARTA, NusaBali
Hal ini ditunjukkan dengan keakraban dengan saling bercanda antara Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.Saling bercanda itu terjadi pada acara pembukaan Rapat Koordinasi Bidang Nasional (Rakorbidnas) III Kemaritiman PDIP di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Minggu (8/4). Pada kesempatan tersebut juga hadir Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan serta Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi UMKM mewakili menteri.

Hasto mengatakan, pada pengambilan undian nomor urut partai politik peserta di Pemilu 2019 di KPU, PDIP dapat nomor urut 3. Angka itu artinya persatuan Indonesia dalam Pancasila. "Dalam gambar lambang Indonesia burung garuda, nomor 3 adalah pohon beringin," katanya.

Sedangkan Partai Golkar dalam penga,bilan nomor urut peserta pemilu di KPU, kata Hasto, dapat nomor 4 yang artinya permusyawaratan Indonesia. Menurut dia, dalam lambang burung garuda, nomor empat tersebut gambarnya adalah kepala banteng.

"Nomor urut yang diperoleh PDIP dan Partai Golkar, menunjukkan kedua partai ini memiliki hubungan yang dekat," katanya. Hasto menegaskan, kalau partai besar, PDIP dan Partai Golkar bersatu, maka dapat membawa kemajuan bagi Indonesia. Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartaro saat menyampaikan presentasinya sebagai Menteri Perindustrian, mengawalinya dengan teriakan ‘merdeka’, yang merupakan yel-yel PDIP.

Airlangga hanya meneriakkan kata ‘merdeka’ satu kali, namun ada peserta yang berteriak agar Airlangga meneriakkannya tiga kali. Airlangga kemudian mengulangi teriakan ‘merdeka’ sebanyak tiga kali, yang diikuti teriakan serupa oleh peserta Rakorbidnas III Kemaritiman PDIP. Namun, Airlangga menambah satu kali lagi teriakan ‘merdeka’ dan diikuti peserta. "Karena Partai Golkar dapat nomor urut empat, maka teriakan 'merdeka', ditambahkan satu kali lagi," katanya. Pimpinan PDIP, tamu undangan dan peserta pun tersenyum. *

Komentar