nusabali

Menyembuhkan Insomnia dengan Pijat Refleksi Kaki, Moksa, dan Obat Tradisional (2)

  • www.nusabali.com-menyembuhkan-insomnia-dengan-pijat-refleksi-kaki-moksa-dan-obat-tradisional-2

Menurut Ilmu Kedokteran Timur, kesulitan tidur disebut Shi Mian, disebabkan oleh karena adanya gangguan jantung, limpa, hati, ginjal, dan kekurangan Yin. 

Insomnia menurut Ilmu Kedokteran Timur
Menurut Ilmu Kedokteran Timur, kesulitan tidur disebut Shi Mian, disebabkan oleh karena adanya gangguan jantung, limpa, hati, ginjal, dan kekurangan Yin. Dapat juga disebabkan oleh karena kurang harmonisnya jantung dengan ginjal serta kurangnya Qi dan darah. Hal-hal tersebut menyebabkan Shen/jiwa dalam jantung tidak mendapatkan nutrisi cukup, sehingga menyebabkan terjadinya kesulitan tidur.

Penyebab Insomnia menurut Ilmu Kedokteran Timur

1. Tujuh Emosi Abnormal
Berbagai macam emosi yang berlebihan dapat menyebabkan kesulitan tidur, misalnya terlalu gembira dapat menguras Qi dalam jantung, sehingga Shen/jiwa tidak tenang dan terjadi kesulitan tidur. Marah yang berlebihan dapat mengganggu hati, sehingga Qi hati berjalan tidak pada arahnya, dan hal tersebut dapat menyebabkan Gan Huo (api hati) membara, kemudian mengacau Shen/jiwa dalam jantung, dan terjadi gangguan tidur. Terlalu banyak berpikir atau merenung dapat menguras Qi dalam limpa, dan hal tersebut menyebabkan limpa tidak dapat menjalankan fungsi transportasi dan transformasi dengan sempurna, hingga Shen/jiwa tidak mendapatkan pasokan nutrisi yang memadai, maka terjadi kesulitan tidur. Sedih dan khawatir yang berlebihan menguras Jing dalam ginjal. Sesuai dengan teori Yin Yang, apabila Jing ginjal tidak cukup, akan menyebabkan api dalam jantung membara, sehingga menyebabkan kesulitan tidur.

2. Pola makan yang salah sehingga merusak limpa dan lambung
Pola makan yang tidak benar dapat merusak limpa dan lambung, hal tersebut menyebabkan transportasi dan transformasi Jing makanan dan minuman terganggu, demikian juga dengan mekanisme turun naiknya Qi juga menjadi kacau, sehingga mengacu Shen/jiwa dan menimbulkan kesulitan tidur.

3. Terlalu lelah atau pasca-penyakit berat
Terlalu lelah atau pasca-penyakit berat dapat menguras Qi dan darah, sehingga menjadikan tubuh kekurangan Qi dan darah. Hal tersebut menyebabkan Shen/jiwa tidak mendapatkan pasokan nutrisi yang diperlukan, dan terjadi kesulitan tidur.

4. Terlalu banyak melakukan hubungan seks
Terlalu banyak melakukan hubungan seks dapat menguras Jing dalam ginjal. Hal ini dapat menyebabkan Yin dalam ginjal tidak dapat menunjang Yin dalam jantung, sehingga menyebabkan api jantung membara, kemudian merusak Shen/jiwa dan terjadi kesulitan tidur. Hal demikian disebut sebagai jantung dan ginjal tidak harmonis.

5. Shen/jiwa dikacaukan oleh Penyebab Penyakit Luar
Penyebab penyakit luar seperti angin, dingin, panas, atau kering dapat merusak Shen/jiwa, sehingga Shen/jiwa menjadi tidak tenang dan timbul kesulitan tidur. 

Komentar