nusabali

Lulusan SMK Musik Boleh Jadi Polisi

  • www.nusabali.com-lulusan-smk-musik-boleh-jadi-polisi

Lulusan SMK jurusan Musik kini boleh menjadi polisi.

GIANYAR, NusaBali

Syaratnya, melamar pada usia 18 - 21 tahun, harus bisa menguasai minimal satu instrumen musik, seperti flute, clarinet, percusi, keyboard, dan lainnya. Pendaftaran pun telah dibuka sejak 26 Maret - 11 April 2018. Sosialisasi penerimaan Bintara Polri ini gencar dilakukan, termasuk oleh jajaran Polres Gianyar. Antara lain, saat Car Free Day (CFD) di Taman Kota Gianyar, Minggu (1/4) pagi.

Kapolres Gianyar AKBP Djoni Widodo didampingi Kabag Sumda Polres Gianyar Kompol Ketut Dana menerangkan, penerimaan Bintara Polri zaman now, bebas KKN. "Polres menerima pendaftaran. Nanti tes dilaksanakan di Denpasar (Polda Bali, Red)," jelasnya. Kapolres menegaskan bahwa penerimaan calon anggota Polri saat ini mengedepankan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis (Betah). "Jangan coba-coba cari calo atau makelar. Kalau ketahuan akan langsung didiskualifikasi. Gugur sebelum tes, karena semua penilaian berdasarkan nilai dan rangking," tegasnya.

Untuk lebih jelas, jelas Kapolres, segala informasi dan pendaftaran bisa dilihat melalui website polri Http://www.penerimaan.polri go.id serta bagian sumda Polres Gianyar. Jika petugas kepolisian yang terbukti sebagai calo, kata Djoni Widodo, akan dilakukan penindakan tegas. "Ada pengawasan dari internal dan eksternal. Jangan sekali-kali anggota janjikan bantu atau jadi makelar. Ada sanksi tegas, bisa sampai pemecatan kalau memang terbukti," tegasnya.

Ditambahkan, Kabag Sumda Polres Gianyar Kompol Ketut Dana, kuota yang ada secara nasional 250 orang untuk Akpol, 8.000 Bintara, dan 400 Polwan. Sedangkan untuk kuota per Polres, tergantung tingkat animo pendaftar. "Akan ditentukan oleh panitia," jelasnya. Pihaknya berharap, para orangtua menangkap peluang ini. Sebab, kali ini ada penerimaan Bintara khusus seperti lulusan Musik, TI (Teknologi Informasi), Kimia, Komputer Jaringan, Pelayaran, dan Penerbangan.

Sosialisasi penerimaan Bintara Polri ini disambut antusias oleh warga Gianyar yang sedang menikmati CFD. Salah satunya, I Gede Untung Utama,19, lulusan SMAN 1 Sukawati asal Kelurahan Bitera, Gianyar. Gede Untung mengaku akan mencoba mendaftar. "Saya berminat, saya akan coba. Mau lihat persyaratan dulu," jelasnya. *nvi

Komentar