nusabali

BPBD Badung Gelar Simulasi Gempa dan Tsunami di Desa Cemagi

  • www.nusabali.com-bpbd-badung-gelar-simulasi-gempa-dan-tsunami-di-desa-cemagi

Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, dilanda gempat dan diterjang tsunami, Selasa (27/3).

MANGUPURA, NusaBali
Warga berhamburan menyelamatkan diri, korban jiwa berjatuhan. Itulah gambaran simulasi tsunami yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung. Simulasi dalam rangka tangguh bencana ini bekerjasama dengan pemerintahan desa setempat dan melibatkan Forum Kelian Dinas, pecalang, para relawan dan masyarakat Desa Cemagi.

“Gelar simulasi ini dalam rangka mengantisipasi kalau terjadinya gempa bumi yang berpotensi tsunami. Kita harapkan Desa Cemagi dapat melakukan evakuasi secara mandiri dan BPBB Badung mengkoordinir, mengarahkan ke mana mereka harus berkumpul,” jelas Kabid Kesiap Siagaan BPBD Badung I Wayan Netra.

Menurut Netra, wilayah pesisir di Badung mulai dari Pantai Cemagi sampai ujung Pantai Tanjung Benoa, Kuta Selatan, sangat rawan terhadap gempa dan tsunami. Hal ini karena sepanjang kawasan pesisir tersebut berbatasan langsung dengan Samudra Indonesia dan berbatasan dengan lempeng Indo Australia yang memungkinkan terjadinya tsunami. “Bila terjadi benturan-benturan lempeng, daerah-daerah yang berada di pesisir sangat rawan terhadap terjadinya tsunami,” ungkapnya.

Kepala Desa Cemagi Ketut Wirama, mengakui Desa Cemagi merupakan daerah pesisir, karena itu sangat rawan terjadi gempa dan tsunami.  Untuk membantu penanggulangan bencana, di Desa Cemagi kini ada kelompok Destana sebagai kelompok penanggulangan bencana. “Nantinya kami harapkan dari kelompok ini akan dapat mensosialisasikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat paham di mana titik-titik yang aman saat gempat dan tsunami terjadi,” tandasnya. *asa

loading...

Komentar