nusabali

Grab Akuisisi Uber

  • www.nusabali.com-grab-akuisisi-uber

Perusahaan aplikasi transportasi daring Grab resmi mengakuisisi operasional perusahaan saingannya Uber khusus di wilayah Asia Tenggara.

JAKARTA, NusaBali
Pendiri dan Group CEO Grab Anthony Tan dalam keterangannya di Jakarta, Senin (26/3), mengatakan Grab akan mengintegrasikan bisnis layanan pemesanan kendaraan dan makanan milik Uber di kawasan Asia Tenggara ke platform transportasi multimoda dan teknologi financial (fintech) yang telah dimiliki Grab."Melalui penggabungan bisnis ini, Grab akan menjadi 'mobile platform online-to-offline' nomor satu di Asia Tenggara dan menjadi pemain utama dalam bisnis layanan pesan antar makanan," katanya.

Anthony mengatakan Grab menyediakan layanan transportasi yang aman dan terjangkau, pesan antar makanan, pengiriman paket, layanan pembayaran berbasis ponsel cerdas (mobile) serta layanan keuangan.

Dia menambahkan akan memperluas keunggulan sebagai platform  terefisien dari segi biaya di Asia Tenggara, dengan Grab mengambil alih operasional dan aset-aset Uber di Kamboja, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Sebagai bagian dari akusisi, lanjut dia, Uber akan memiliki 27,5 persen saham di Grab dan Dara Khosrowshahi selaku CEO Uber akan bergabung dengan dewan direksi Grab. Penggabungan bisnis ini, kata dia, melahirkan pemimpin dalam media dan efisiensi biaya di kawasan Asia Tenggara.

Untuk meminimalisir disrupsi, Grab dan Uber akan bekerja sama untuk segera melakukan migrasi mitra pengemudi dan penumpang Uber serta pelanggan, rekanan merchant maupun rekanan pengantaran Uber Eats ke "platform" Grab.

"Aplikasi Uber akan tetap beroperasi selama dua minggu ke depan untuk memastikan stabilitas para mitra Uber, di mana mereka dapat memperoleh informasi lebih lanjut mengenai persyaratan pendaftaran mitra Grab secara online melalui www.grab.com/id/comingtogether, "katanya.

Dia menambahkan Uber Eats akan tetap beroperasi hingga akhir Mei, di mana setelahnya rekanan pengantaran dan restoran Uber akan pindah ke GrabFood.*ant

Komentar